Stasiun BNI City Uji Coba Layani Pengguna KRL

JagatBisnis.com-KAI Commuter Line menguji coba Stasiun BNI City sebagai stasiun transit Kereta Rel Listrik (KRL) tujuan Manggarai, Jatinegara, Bekasi, Cikarang, dan Kampung Bandan, Sabtu (30/7/2022). Meski kini Stasiun BNI City dimanfaatkan sebagai Stasiun KRL, stasiun tersebut tetap melayani perjalanan Kereta Api (KA) Bandara relasi Manggarai-Bandara Soekarno Hatta PP yang dikelola oleh KAI Bandara.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba menjelaskan, Stasiun BNI City akan melayani sebanyak 199 perjalanan KRL dan 40 perjalanan KA Bandara. Dengan lokasi di antara lintas Manggarai-Tanah Abang tepatnya di KM 2 +5. Stasiun BNI City, termasuk Stasiun Besar tipe C dengan memiliki 2 jalur untuk pelayanan perjalanan KA.

“Pada uji coba pengoperasian layanan KRL di Stasiun BNI City, sebanyak 199 perjalanan KRL relasi Cikarang/Bekasi-Kampung Bandan via Pasar Senen atau via Manggarai akan melayani naik turun penggunanya di stasiun ini. Pelayanan perjalanan KA Bandara relasi Manggarai-Bandara Soekarno Hatta PP juga tetap dioperasikan sebanyak 40 perjalanan tiap harinya,” katanya, Minggu (31/7/2022).

Baca Juga :   KAI Gunakan Kemasan Makanan Ramah Lingkungan untuk Kurangi Sampah Plastik  

Dia menegaskan, bagi pengguna KRL yang turun di Stasiun BNI City dari arah Stasiun Tanah Abang menuju Stasiun Manggarai, KRL akan berhenti di peron 2. Sementara, KRL dari arah Manggarai akan berhenti di peron 1. Untuk pengguna yang hendak keluar stasiun bisa menggunakan lift atau eskalator di masing-masing peron.

“Kami mengimbau kepada seluruh pengguna yang akan naik KRL ataupun KA Bandara di Stasiun BNI City jangan sampai salah naik KA, selalu dengarkan informasi dan ikuti arahan dari petugas di lapangan,” tegas Anne.

Baca Juga :   Peringati HUT ke-77, KAI Siapkan LRT Jabodebek dan KA Cepat

Sementara itu, Direktur KAI Commuter Roppiq Lutzfi Azhar menambahkan, dengan uji coba pengoperasian Stasiun BNI City untuk pengguna KRL, diharapkan bisa menjadi pilihan alternatif bagi penumpang KRL. Sehingga penumpang arah Bekasi bisa turun
selain di Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet. Kami berharap uji coba ini dapat memberikan lagi kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakan transportasi KRL,” ungkap Roppiq.

Direktur Utama KAI Bandara Anggoro Triwibowo mengungkapkan, fungsi Stasiun BNI City yang mulai melayani untuk naik turun penumpang KRL diharapkan menjadi alternatif bagi penumpang KA Bandara yang akan melakukan perpindahan antarmoda. Jika sebelumnya penumpang KA Bandara yang turun di Stasiun BNI City harus berjalan 200-300M untuk melanjutkan menggunakan commuterline di Stasiun Sudirman, maka kini penumpang cukup tap out di Lantai 1 Stasiun BNI City dan melanjutkan menggunakan Commuterline pada peron yang sama.

Baca Juga :   Kecelakaan Bus dan Kereta di Tulungagung, KAI Tutup Perlintasan Sebidang

“Stasiun BNI City terhubung langsung dengan Stasiun Sudirman dan Jalan Protokol Jenderal Sudirman. Stasiun ini juga terintegrasi dengan Stasiun MRT dan Halte Trans Jakarta. Stasiun BNI City diprediksi akan melayani rata-rata pengguna KRL pada hari kerja sebanyak 9.320 orang per hari dan 3.803 orang pengguna di akhir pekan,” pungkas Anggoro. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO