Pertama Kali, Kiswah Kabah Diganti pada 1 Muharram

JagatBisnis.com – Kiswah (kain penutup) Kabah, di Masjidil Haram, Mekkah resmi diganti. Penggantian Kiswah untuk pertama kali dilakukan bertepatan pada Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1444 Hijriah (H). Karena biasanya, proses penggantian dilakukan setiap 9 Zulhijjah saat jamaah haji menjalani Wukuf di Arafah.

“Atas permintaan Raja Salman, tahun 2022 ini, penggantian kiswah dilakukan 1 Muharram 1444 H. Penggantian kiswah Kabah dilakukan setelah Sholat Isya berjamaah di Masjidil Haram pukul 21.30 Waktu Arab Saudi (WAS), Jumat (29/7/2022) atau Sabtu atau Sabtu (30/7/2022), pukul 02.30 WIB,” kata Asisten Wakil Sekretaris Majma’ Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka’bah Al-Musyarrafah Ir Faris Al Mathrafi, dikutip Sabtu (30/7/2022).

Dia menjelaskan, proses penggantian kiswah Kabah dilakukan oleh beberapa orang dengan menggunakan alat, berupa crane agar bisa naik ke atas Kabah. Proses penggantian kiswah Kakbah diabadikan oleh seluruh jamaah menggunakan ponselnya yang berada di Masjidil Haram.

“Selanjutnya penggantian akan terus dilakukan pada 1 Muharram. Sedangkan untuk pencucian Kabah, akan dilakukan pada 15 Muharram sebagaimana biasanya,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, sebagai tempat pembuatan Kiswah Kabah, Majma’ Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka’bah Al-Musyarrafah adalah salah satu pusat peradaban di Makkah. Di dalamnya, tergabung sekitar 220 teknisi, seniman Arab Saudi yang ikut bekerja dalam membuat kiswah.

Produksi kiswan dengan bahan yang paling mahal di dunia. Setiap tahun biayanya sekitar 25juta Riyal Saudi. Bahan itu terdiri dari 760 kg sutra Italia, serta 120 kg emas dan 100 kg perak dari Jerman,” paparnya.

“Kiswah penutup Kabah berukuran 6,3 m x 3,3 m. Di dalamnya tertera tulisan beberapa ayat Alquran dan Asmaul Husna, dalam bentuk yang berbeda-beda, ada yang kotak, panjang, dan lainnya. Khat yang digunakan adalah Tsulutsi, dengan besaran yang beda-beda, ada yang kecil dan besar. Di bagian atas, ada tulisan Allahu Rabbi, Hasbiyallah, dan Allahu Rabbi. Pada bagian lain, tertera tulisan ayat Qad naraa taqalluba wajhika fis-samaa’. Sementara pada bagian pinggir, ada tulisan surat Al Fatihah,” paparnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO