NIK Jadi NPWP, Ditargetkan Kepatuhan Pajak Meningkat

JagarBisnis.com-Integrasi Nomor Induk Kepedudukan (NIK) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sudah mulai dilakukan. Ditargetkan melalui integrasi ini, para Wajib Pajak (WP) akan lebih mudah masuk ke dalam sistem perpajakan. Sehingga mempermudah pengawasan terhadap transaksi keuangan para wajib pajak.

Staf Khusus Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Yustinus Prastowo mengatakan, dengan adanya integrasi NIK dan NPWP, pemerintah menargetkan akan lebih banyak lagi masyarakat yang masuk ke dalam sistem perpajakan dan dapat meningkatkan kepatuhan pajak.

“Belum ada target spesifik terkait penambahan wajib pajak dengan integrasi ini, karena pemerintah masih melakukan pemadanan data. Yang pasti, ini lebih sebagai ide besar yang harus kita syukuri, karena akan mempermudah proses administrasi,” kata Yustinus dalam sebuah webinar, Minggu (31/7/2022).

Baca Juga :   Kemenkeu: Tak Semua Barang dan Jasa Kena PPN

Dia menjelaskan, hasil survei Indikator Politik Indonesia menyebutkan, tingkat pengetahuan publik terkait NIK menjadi pengganti NPWP masih relatif rendah. Karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui program baru tersebut. Survei yang dilakukan terhadap 1.246 responden tersebut menyatakan hanya sebanyak 28,9 persen dari seluruh responden yang memiliki NPWP telah mengetahui hal tersebut. Namun, responden yang memiliki NPWP dengan penghasilan di atas Rp4 juta per bulan memiliki tingkat pengetahuan lebih tinggi, yakni sekitar 43,4 persen.

Baca Juga :   Pelaku UMKM Dominan Perempuan, Menkeu Siapkan Akses Permodalan

“Rendahnya pengetahuan dan tingkat kepatuhan pajak masyarakat dikarenakan masih kurangnya edukasi terkait hal tersebut. Selain masih banyak yang belum mengetahui terkait integrasi NIK dan NPWP, masyarakat juga masih banyak yang beranggapan bahwa yang wajib membayar pajak hanya yang bekerja di perusahaan besar. Sehingga hal ini menjadi tantangan bagi kita untuk melakukan edukasi. Pemerintah juga harus lebih aktif dalam merancang program, untuk lebih banyak menarik partisipasi masyarakat,” tutup dia. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO