Ekbis  

Inovasi ASTON untuk Penyandang Disabilitas

JagatBisnis.com –  Wisata pantai selalu diminati oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara. Tak heran ketika musim libur tiba, pantai pun ramai sekali dikunjungi. Ada banyak kegiatan menarik dan juga even-even seru yang diselenggarakan oleh pemilik hotel ataupun resort.

Sayangnya tidak semua orang bisa menikmati sensasi bermain air di pantai, khususnya mereka yang memiliki keterbatasan kaki atau tangan. Penyandang disabilitas yang mengalami kelumpuhan ataupun manula yang terbatas ruang geraknya, hanya bisa memandang dari kejauhan melihat keceriaan wisatawan lainnya bermain air.

Menyadari hal tersebut, ASTON Anyer Beach Hotel memberikan terobosan baru untuk penyandang disabilitas pengguna kursi roda dan lainnya. Terobosan ini merupakan bentuk kepedulian untuk memberikan keceriaan lebih luas. ASTON menyediakan alat akomadasi berupa Water Wheels.

Adapun alat ini berupa kursi roda yang bisa didorong dan apabila dibawa ke air dapat mengapung. Penumpang di dalamnya bisa langsung menyentuh pasir, air laut, dan berenang-renang dengan alat ini. Ada pemandu khusus yang akan mendampingi pengguna Water Wheels untuk menikmati sensasi bermain air di pantai.

Baca Juga :   RAYAKAN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA DENGAN BUFFET NUSANTARA DI ASTON ANYER BEACH HOTEL DAN ASTON CILEGON BOUTIQUE HOTEL

Selain dari fasilitas Water Wheels ini, ASTON juga menyediakan jalur yang memudahkan pengguna kursi roda bisa mobile dari satu tempat ke tempat lain. Selain itu tersedia juga toilet khusus untuk mereka. Kepedulian terhadap tamu dengan memberikan pengalaman menginap yang berkesan merupakan kepuasan tersendiri bagi ASTON Anyer Beach Hotel.

Belum lama ini, YPAC mengunjungi langsung ASTON Anyer untuk menguji kelayakan fasilitas seperti jalur khusus, papan petunjuk arah, toilet, dan water wheels ini. Atas inovasi dan kepeduliannya, ASTON Anyer pun mendapatkan penghargaan dari Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Jakarta terkait penyediaan fasilitas khusus yang disuguhkan untuk penyandang disabilitas.

Baca Juga :   Wajib Dicoba, Hidangan Populer Drama Korea yang Ada di ASTON Anyer & Cilegon

Inspirasi tentang pengadaan alat Water Wheels ini sendiri berawal dari pengalaman hotel lain di Australia. Melihat penggunaan Water Wheels di sana, ASTON pun ingin turut memberikan pengalaman menginap seutuhnya kepada para tamu terutama yang berkebutuhan khusus di ASTON Anyer Beach Hotel. Water Wheels ini pun didatangkan langsung dari Australia.

ASTON Anyer Beach Hotel menyediakan 2 floating Water Wheels yang dapat digunakan sampai ke dalam air dan 1 Water Wheels untuk di area pasir pantai. Fasilitas Water Wheels tersedia setiap harinya mulai pukul 07.00 – 19.00 dan dapat digunakan oleh tamu Hotel tanpa dikenakan biaya tambahan. Ibu hamil, lansia, dan penyandang disabilitas, kini bisa menikmati keseruan bermain air tanpa halangan lagi. Water Wheels ini mampu menampung beban maksimal hingga 25 kilogram.

“Selain pembaruan fasilitas pathway, kami juga menambahkan satu fasilitas yaitu Water Wheel untuk tamu berkebutuhan khusus sehingga dapat mengakses pasir pantai dan juga dapat bermain air dengan alat bantuan ini. Semoga dengan tambahan beberapa fasilitas seperti ini dapat diadaptasi oleh beberapa pelaku usaha atau bahkan pemerintah dalam mewujudkan wilayah wisata yang ramah untuk pengguna kursi roda. Alat ini juga sebagai wujud kecil kami untuk memberikan pengalaman berada di pantai yang belum didapatkan atau hilang oleh teman – teman kita yang berkebutuhan khusus,” tutur Doddy Fathurahman selaku General Manager dari ASTON Hotel.

Baca Juga :   Rayakan Ramadan Bersama Aston Anyer & Aston Cilegon dengan Ragam Program & Promosi Menarik

Atas inovasi dan kepeduliannya, Dinas Pariwisata Provinsi Banten dan Dinas Pariwisata Kabupaten Serang memberikan penghargaan kepada ASTON Anyer Beach Hotel. Penghargaan tersebut diberikan karena ASTON Anyer Beach Hotel melakukan peningkatan infrastruktur untuk pengguna kursi roda dan juga inovasinya dalam penambahan fasilitas Water Wheels.(jbo)

MIXADVERT JASAPRO