PSI Gelar Rembuk Rakyat Pilih Capres

JagatBisnis.com – Ketua Umum DPP PSI, Giring Ganesha, menegaskan partainya belum menetapkan calon presiden untuk Pilpres 2024. Ia mengatakan penentuan akan dilakukan setelah jajak pendapat pemilihan Capres PSI yakni ‘Rembuk Rakyat’ berakhir pada November 2022.

“Kami di PSI tetap tegak lurus menjalankan amanat partai, termasuk penentuan capres 2024 dalam Rembuk Rakyat,” kata Giring Ganesha.

Giring melanjutkan, di Rembuk Rakyat PSI, ada sembilan nama yang dianggap ideal sebagai menerus Jokowi. Mereka adalah Emil Dardak, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Mahfud MD, Muhammad Andika Perkasa, Mochamad Ridwan Kamil, Muhammad Tito Karnavian, Najwa Shihab, dan Sri Mulyani Indrawati.

Baca Juga :   Viani Limardi Gugat PSI ke PN Jakpus

Menurutnya, sembilan nama tersebut diperoleh setelah para pengurus dan kader PSI menemui para tokoh muda, guru, akademisi, dunia usaha, tokoh agama, tokoh adat, dan orang-orang yang dianggap mewakili rakyat.

“PSI yakin, sembilan sosok tersebut adalah kader-kader bangsa yang dianggap mampu melanjutkan politik kesejahteraan, politik bersih, dan politik keterbukaan,” ujar Giring.

Baca Juga :   PSI Kritik Anies Terkait Pergub Penggusuran

Giring mengakui sembilan nama itu bukan kader PSI. Tetapi, sosok yang sempat ingin maju capres di 2024 itu memastikan, PSI selalu siap jika salah satu kadernya diminta mengabdi dalam posisi lain di pemerintahan.

“Kami memiliki banyak kader muda potensial, berbakat, serta berprestasi yang siap memenuhi panggilan tugas negara. Tentunya dengan kualifikasi mengikuti tantangan yang saat ini dihadapi presiden,” kata Giring.

Baca Juga :   Viani Limardi Gugat PSI ke PN Jakpus

“Sebagai contoh, penunjukan Bro Raja Juli Antoni selaku Wakil Menteri ATR/BPN, kami pandang sangat tepat sebagai pasangan Pak Hadi Tjahjanto untuk memenuhi penugasan Presiden Jokowi terkait reformasi agraria dan maraknya mafia tanah yang saat ini terjadi di masyarakat,” pungkasnya.

Menurut laman resmi Rembuk Rakyat, masyarakat bisa melakukan voting terhadap 9 sosok capres tersebut hingga November 2022. Saat ini, Ganjar Pranowo masih menjadi tokoh yang paling dipilih dengan 47,19% vote.(pia)

MIXADVERT JASAPRO