Kaum Perempuan di Lampung Diajak Viralkan Perdamaian

JagatBisnis.com – Kaum perempuan memiliki peran yang sangat vital. Bahkan, kaum perempuan menjadi garda terdepan dalam melindungi keluarga, anak dan lingkungan sekitarnya dari paham radikalisme dan terorisme. Apalagi paham tersebut kini mulai menyasar kepada anak usia dini. Untuk itu, memperdayakan kaum menjadi agen perubahan sangat penting agar membawa keluarga, anak dan lingkungan untuk mencintai nilai kebangsaan dan cinta tanah air.

Demikian disampaikan Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Mayjen TNI Nisan Setiadi saat dialog yang digagas Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Lampung bertema “Perempuan TOP (Teladan, Optimis dan Produktif) Viralkan Perdamaian”, di Bandar Lampung, dikutip Kamis (28/7/2022).

“Perempuan memiliki posisi yang sangat vital dalam keluarga, komunitas, bahkan masyarakat secara luas. Karena kaum perempuan memiliki peran strategis dalam membentengi keluarga dan masyarakat, dari segala bentuk penyebaran radikalisme dan terorisme. Untuk itu, kami berharap para perempuan, khususnya kaum ibu dapat membekali dan menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada anak, keluarga dan masyarakat secara luas,” imbuhnya.

Baca Juga :   BNPT Minta Maaf Soal Data 198 Pesantren Terafiliasi Teroris

Dia menjelaskan, saat ini terorisme jadi ancaman bagi peradaban modern dan merupakan kejahatan bagi perdamaian dan keamanan umat manusia. Maka, pihaknya sangat serius dalam upaya pemberdayaan kaum perempuan. Di antaranya melalui upaya penguatan peran perempuan. Hal tersebut dilakukan melalui program wawasan kebangsaan, wawasan keagamaan dan kewirausahaan.

Baca Juga :   BNPT Deteksi Masih Ada Jaringan Terorisme di Indonesia

“Untuk itu, perempuan harus mampu mengembangkan digital skill, dan digital ethic agar dapat menebarkan kebijakan dan mengajak masyarakat untuk menguatkan pluralisme lewat konten yang membangun. Selain itu, perempuan mampu mengidentifikasi kekuatan diri agar dapat menjadikan diri mereka sosok yang unggul dan tangguh sebagai agen perdamaian,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO