Singapura Pertimbangkan Beri Izin Suntik Vaksin Covid-19 untuk Balita

JagatBisnis.com – Singapura tengah mempertimbangkan vaksinasi COVID-19 bagi anak-anak berusia enam bulan hingga empat tahun, menjelang kuartal keempat tahun ini pada Selasa (26/7/2022).

Pihak berwenang sedang melakukan persiapan untuk meluncurkan program vaksinasi tersebut. Namun, Singapura tidak memberikan jadwal pasti.

Kementerian Kesehatan Singapura sempat menyinggung kabar itu pada Juni. Pihaknya mengaku telah mulai mempelajari keamanan dan keefektifan vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna untuk anak balita.

Baca Juga :   Singapura Beri Sanksi terhadap Rusia

Kemenkes Singapura kemudian kembali menegaskan upaya itu menyusul kematian dua anak di bawah 12 tahun akibat infeksi corona selama dua bulan terakhir.

Pasien pertama merupakan anak berusia satu setengah tahun. Pasien lainnya adalah seorang anak berusia empat tahun yang meninggal karena pneumonia akibat COVID-19.

Baca Juga :   Vaksinasi Anak Sasar di Pedalaman Papua

“Anak-anak umumnya lebih tahan terhadap infeksi COVID-19 daripada orang dewasa dan orang tua. Padahal, infeksi COVID-19 dapat menyebabkan penyakit parah pada anak-anak,” kata Kemenkes Singapura, dikutip dari Bloomberg, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga :   Vaksinasi Anak di Kuningan Capai 80 Persen

Sekitar 3,9 persen dari 1,7 juta kasus infeksi lokal sejak awal pandemi adalah anak balita. Kini, Singapura juga tengah mengarungi gelombang infeksi yang didorong oleh sub-varian Omicron BA.4 dan BA.5. Rata-rata infeksi sepekan menyentuh 9.121 kasus pada 18 Juli. (pia)

MIXADVERT JASAPRO