Pengiriman 160 Ekor Babi ke Jakarta Digagalkan

JagatBisnis.com – Petugas karantina pertanian Gilimanuk Bali menggagalkan pengiriman 160 ekor babi tujuan Jakarta. Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK). Ratusan hewan ternak itu diangkut dengan dua unit truk.

Penanggung jawab Karantina Pertanian Wilayah Kerja Gilimanuk Nyoman Ludra, mengatakan, pihaknya mengamankan saat menyeberang dengan Kapal Feri. Dua truk itu menyeberang dari pelabuhan Gilimanuk Jembrana, Minggu (24/7/2022) dini hari. Dari penelusuran, dua truk itu tengah berada di dalam Kapal Feri menuju pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

“Petugas segera berkoordinasi dengan karantina pertanian Ketapang untuk segera menghentikan kedua truk. Begitu Kapal Feri sandar di Pelabuhan Ketapang, petugas lalu memerintahkan sopir agar truk tidak keluar dari kapal dan kembali ke Gilimanuk,” katanya, Senin (26/7/2022).

Begitu tiba kembali di pelabuhan Gilimanuk, lanjutnya, petugas langsung melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke armada pengangkut. Sopir truk lalu diperintahkan membawa kembali ternak yang diangkut ke daerah asal. Karena, sejak kasus PMK merebak di Bali, lalu lintas pengiriman hewan ternak dari dan menuju Bali dihentikan sementara.

“Hal itu sesuai Surat Edaran Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku No. 3 Tahun 2022 tentang pengendalian lalu lintas hewan dan produk hewan rentan PMK,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO