BRI Bersama BBPPEI Beri Pelatihan Ekspor Bagi UMKM Bandung

JagatBisnis.com –  Pandemi Covid-19 membuat perekonomian menjadi tidak stabil. Untuk itu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus berupaya melaksanakan program untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM agar naik kelas. Tahapan pembinaan UMKM agar Naik Kelas yang di gagas oleh Kementerian BUMN adalah Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go GLOBAL. Salah satu program yang diinisiasi terkait UMKM Go Global dan diadakan secara rutin tahunan adalah UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.

Baca Juga :   BRI Terus Melakukan Aktivitas Literasi Keuangan Secara Masif

Manager Bisnis Kecil BRI Kantor Cabang Setiabudi, Muhammad Farhan Fahrurahman, menjelaskan, program itu selalu sukses diadakan rutin setiap tahun. Tahun lalu, ada 110 pembeli dari 31 negara di Amerika Serikat, Uni Eropa, Timur Tengah, Jepang, dan Australia berhasil menandatangani komitmen dengan 163 UMKM dengan nilai transaksi USD72,13 juta. Jumlah itu melebihi target USD65 juta.

“Sebagai tindak lanjut dari program itu untuk mendukung UMKM agar Go Global, kami bekerjasama dengan BBPPEI Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyelenggarakan pelatihan prosedur, begosiasi dan kontrak dagang ekspor yang dihadiri 30 UMKM. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada 19, 20 dan 21 Juli 2022,” ulasnya, Senin (25/7/2022).

Baca Juga :   BRI Siapkan Uang Tunai Rp46,85 Triliun untuk Layani Kebutuhan Libur Lebaran

Dia mengungkapkan, dari kegiatan ini pihaknya berharap peserta dapat mengerti dan memahami titik kritis dalam dokumen ekspor, hingga melakukan transaksi ekspor secara mandiri. Sehingga melalui pelatihan ini tidak hanya teori, tetapi ada praktisnya karena dalam hal prakteknya bisa menjadi tempat bertanya atau mencari solusi ketika sudah terjun ke dunia eksportir. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO