Syiar Lewat Film Jadi Media Dakwah Non Konvensional bagi Milienial

JagatBisnis.com-Syiar agama lewat media film melalui film lebih mengenai dan menyentuh penonton, khususnya generasi milienial. Apalagi, syiar melalui film merupakan hal yang tidak biasa. Namun bisa menyentuh dan mengenai penontonnya. Demikianlah dikatakan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat menghadiri malam Penganugerahan Kompetisi Film Pendek Islami (KFPi) Tahun 2022 bertema “Ku Syiar Islam Dengan Cara Ku”, Jumat (22/7/2022) malam.

Menurut dia, melalui film, dakwah dan syiar agama lebih mengenai dan menyentuh pada generasi milienial. Kompetisi yang diadakan Ditjen Bimas Islam Kemenag ini sangat luar biasa. Karena menunjukkan bakat-bakat sineas muda Indonesia. Apalagi pesertanya lebih dari 1.000. Sehingga biasa dan bisa menjadi media dakwah yang non konvensional.

“Jadi film ini akan lebih menarik bagi generasi milienial yang populasinya sangat besar. Saya rasa mereka perlu disentuh dengan sentuhan yang berbeda agar nilai-nilai Islam merekam bisa mengena dan diperoleh generasi milienial sesuai dengan dunianya,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Senin (24/7/2022).

Baca Juga :   Film Black Adam Dikritik Sutradara Marvel

Dia berharap film-film yang masuk di ajang KFPi dapat ditayangkan di lembaga pendidikan binaan Kementerian Agama. Distribusi film ini nantinya akan bersinergi dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. Makanya, pada tahun depan festival ini akan dibuat lebih besar lagi. Kalau perlu festival film Islam internasional.

Baca Juga :   Spider-Man: No Way Home Raih Pendapatan Rp14,1 Triliun di Box Office

“Sebagai masyarakat dengan jumlah umat Islam terbesar dunia, kita harus mampu membawa peradaban Islam. Salah satunya lewat syiar dalam film,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri Nasional Kompetisi Film Pendek Islami (KFPI), Christine Hakim mengapresiasi kegiatan ini. Apalagi, media film ini dijadikan syiar dan memotivasi anak muda untuk selalu berbuat kebaikan. Sehingga kegiatan ini merupakan sesuatu yang luar biasa dan sangat menyenangkan. Bukan sekedar film, namun menyambung silaturahmi.

Baca Juga :   Johnny Depp Tak Lagi Terlibat di Film Terbaru Pirates of the Caribbean

“Sebagai ketua dewan juri, saya menaruh harapan agar film-film yang masuk dalam KFPi 2022 ini dapat disosialisasikan di sekolah-sekolah di bawah Kemenag. Karena ini bukan sekadar film melainkan penyambung silaturahmi sebangsa dan setanah air serta memperkuat semangat persaudaraan. Film-film ini juga banyak nilai positifnya,” pungkasnya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO