Kapal Nelayan di Timika yang Dikabarkan Hilang Sejak 20 Juli Kini Telah Ditemukan

JagatBisnis.com –  Kapal nelayan berisi 4 orang yang dikabarkan hilang sejak 20 Juli 2022 ditemukan di daratan Kampung Akar, Kabupaten Mimika.

Kapal nelayan dengan nama KMN Terbang ditemukan bersama dengan 4 penumpangnya dalam kondisi selamat. Kapal diketahui melakukan survival dengan membuat layar kapal untuk menepi ke daratan.

Sebelumnya, kapal dinyatakan hilang atas laporan Ardianto, pemilik kapal ke SAR Timika. Dalam laporannya disebutkan kapal berlayar pada 20 Juli 2022 pukul 14.00 WIT berangkat dari Pelabuhan Perikanan Timika dengan tujuan Perairan Pasir Hitam Timika untuk menjaring ikan.

Setelah selesai menjaring ikan pada keesokan harinya, 21Juli 2022 pukul 05.00 WIT, KMN Norbaya Gt 05 berwarna putih hijau mengalami mesin mati dan hanyut terbawa arus.

Namun, pada pukul 14.00 WIT, salah satu kru di dalam kapal sempat melakukan komunikasi dengan pemilik kapal dan melaporkan posisi terakhir berada di 2 NM dari posisi kapal.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika George L.M. Randang, melalui Kasubsie Operasi SAR Timika Charles Y. Batlajery melakukan pencarian menggunakan RB (Rescue Boat) 217 Timika, bergerak menuju lokasi terakhir kapal untuk melakukan pencarian.

“Kapal ditemukan pukul 09.28 WIT di daratan Kampung Akar setelah melakukan survival dengan membuat layar kapal untuk menepi ke daratan,” jelasnya, Sabtu (23/7/2022).

Dengan ditemukan kapal tersebut SAR Timika mengusulkan penutupan operasi SAR terhadap KMN Norbaya yang mengalami mati mesin di perairan Pasir Hitam.

“Para pengguna transportasi laut agar lebih berhati-hati dan selalu memantau kondisi cuaca lewat informasi yang dipublikasikan BMKG, serta mengutamakan keselamatan dalam berlayar,” jelasnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO