Inilah Kunci Sukses Transformasi Culture BRI

JagatBisnis.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menjalankan transformasi yang telah dirumuskan dalam BRIvolution 2.0. Transformasi tersebut fokus pada dua area, yakni transformasi digital dan culture. Demikianlah dikatakan Direktur Utama BRI Sunarso dalam BRILiaN Leadership Insight yang mengusung tema ‘Peran Leaders BUMN dalam Membangun Negeri Berlandaskan Values AKHLAK’, pada Rabu (13/7/2022).

Dia menjelaskan, kegiatan tersebut diselenggarakan untuk memperkuat Corporate Culture melalui sharing insights dari top leaders kepada Insan BRILiaN BRI Group. Pada acara tersebut juga diselenggarakan BRI Excellence Award yang merupakan bentuk apresiasi perusahaan kepada pekerja dan unit kerja yang secara konsisten memberikan kinerja terbaiknya, program ini dilaksanakan untuk mendukung budaya berbasis kinerja (Performance Driven Culture).

“Corporate culture merupakan bagian dari corporate strategy. Oleh karena-nya, sudah menjadi tugas dari seorang leader untuk memastikan culture perusahaan agar dapat menjadi pendorong untuk seluruh karyawan agar memberikan kinerja terbaiknya,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (21/7/2022).

Baca Juga :   Begini Upaya BRI Memitigasi Resiko Kenaikan NPL di Tengah Tren Kenaikan Suku Bunga

Menurut dia, insight-nya agar Transformasi Culture ini dapat berjalan dengan sukses. Pertama, seluruh karyawan berkomitmen untuk melakukan Transformasi Digital dan Culture. Kedua, karyawan dengan sungguh-sungguh mengimplementasikan Corporate Culture AKHLAK dalam pola pikir, pola sikap, pola tindak dan bahkan pola sarana (infrastruktur dan sistem yg diperlukan untuk membangun Corporate Culture). Ketiga, culture adalah produk kolektif, tidak bisa dibeli, maka juga jangan dijadikan komoditi yg diperjualbelikan.

Baca Juga :   BRI Antarkan Pengusaha Kopi Gayo Tembus Pasar Internasional

“Keempat, Corporate Culture adalah bagian dari Corporate Strategy, maka adalah tugas seorang Leader untuk merancang perilaku kolektif yg efektif untuk mencapai tujuan bersama perusahaan. Dan itulah inti dari Corporate Culture. Kemudian, Leader harus menetapkan perilaku utama yg harus dipahami, dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh anggota tim. Selanjutnya, leader kemudian harus merancang program culture, membangun infrastruktur dan system, serta membuat alat ukur keberhasilan Corporate Culture,” paparnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO