PLN Gandeng Hyundai Kefico Perkuat Ekosistem Kendaraan Listrik

JagatBisnis.com –  PT PLN (Persero) bersama Hyundai Kefico and Consortiums memperkuat pondasi ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), dengan membangun pabrikasi motor listrik serta infrastruktur dan operasi stasiun penukaran baterai motor listrik di Indonesia. Kerja sama ini meliputi penyediaan aspek-aspek penting kendaraan listrik, seperti mesin penggerak, komponen, baterai, hingga manajemen servisnya.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan untuk tahap awal, keduanya merancang model bisnis yang tepat untuk mengakselerasi ketersediaan infrastruktur dan komponen kendaraan listrik roda dua. Dipastikan rancangan strategi yang telah disepakati ini akan segera dieksekusi.

“Kerja sama ini merupakan langkah strategis bagi kami. Apalagi, Presiden Joko Widodo telah mengamanatkan agar Indonesia bisa menjadi pemain utama kendaraan listrik di dunia. Maka, kami optimis kerja sama ini akan menguntungkan kedua belah pihak, dan terutama masyarakat karena mendapat kendaraan berbiaya rendah, berkualitas baik, aman dan ramah lingkungan,” kata Darmawan dalam keterangan tertulis, Selasa (19/7/2022).

Baca Juga :   Ada 1.000 UMKM Binaan PLN Siap Naik Kelas Menjadi Go Online

Dia menjelaskan, pihaknya diminta untuk bisa beralih dari kendaraan yang tadinya berbasis impor dan kotor menjadi kendaraan berbasis listrik. Dengan masifnya pemakaian kendaraan listrik bisa mengurangi beban impor bahan bakar minyak (BBM). Sehingga dapat memperbaiki neraca perdagangan Indonesia.

Baca Juga :   Tahun Ini, Target EBT 14,5 Persen Belum Tercapai

“Target awal kerja sama ini memproduksi 100 unit sepeda motor listrik. Ditambah 1.000 motor listrik hasil konversi dari motor BBM. Rencananya, proyek ini akan berlangsung selama 14 bulan ke depan,” imbuhnya.

Baca Juga :   Disetujui, Tarif Listrik di Atas 3.000 VA Bakal Naik

Sementara itu, Vice President and CTO Hyundai Kefico, Park Seong Min optimis atas proyek masa depan ini. Pihaknya telah mengembangkan mesin penggerak kendaraan listrik yang berkualitas tinggi untuk mendukung program konversi motor berbahan bakar fosil ke listrik.

“Dalam kerja sama ini kami bertekad untuk menyediakan suku cadang terbaik dan terjangkau oleh masyarakat Indonesia,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO