Pelajar Indonesia Sabet 5 Medali pada Olimpiade Fisika Internasional di Swiss

JagatBisnis.com – Pelajar Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa di kancah Internasional. Kali ini, 1 medali emas, 3 medali perak, dan 1 medali perunggu berhasil diraih di ajang Olimpiade Fisika Internasional atau International Physics Olympiad/IPhO, yang digelar pada 10—17 Juli 2022 di Zurich, Swiss.

Plg Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Asep Sukmayadi, turut mengapresiasi pencapaian Indonesia dalam Olimpiade fisika itu. Acara yang diikuti oleh 5 pelajar asal Indonesia tersebut, tak bisa dianggap remeh. Sebab, IPhO ke-52 yang digelar di Swiss ini diikuti oleh 368 siswa yang merupakan perwakilan dari 75 negara.

“Selamat untuk talenta fisika Indonesia dan seluruh tim. Terima kasih atas prestasinya yang membanggakan. Kami yakin ini akan terus menjadi inspirasi keunggulan anak-anak Indonesia dan harapan masa depan bangsa,” kata Asep dalam keterangannya, Senin (18/7/2022).

Baca Juga :   Inilah 7 Budaya Kaltim yang Masuk Warisan Budaya Tak Benda Nasional

Dia membeberkan, kelima siswa tersebut, yakni Jonathan Tjandra dari SMAK Calvin, Kemayoran, DKI Jakarta dengan torehan medali emas, John Howard Wijaya dari SMA Darma Yudha Pekanbaru, Riau dengan medali perak, Berwyn dari SMAK BPK Penabur, Jakarta Barat, DKI Jakarta dengan medali perak. Kemudian, David Michael Indraputra dari SMAK BPK Penabur Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten dengan meraih medali perak; serta Althaaf Syaikha Nuhaad dari SMA Kesatuan Bangsa, Bantul, Yogyakarta yang meraih medali perunggu.

Baca Juga :   Kemendikbudristek Gandeng TikTok Hadirkan #SerunyaBelajar

“Seluruh peserta IPhO dari berbagai negara ini dikawal oleh 145 ketua tim (team leader) dan 67 pengamat (observer) serta 135 pengawas. Kegiatan tersebut, berlangsung secara daring dan diikuti oleh 368 siswa yang merupakan perwakilan dari 75 negara,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO