Gelombang Tinggi Tak Pengaruhi Minat Wisatawan Kunjungi Pantai Bantul

JagatBisnis.com – Minat wisatawan untuk berlibur ke Pantai di Kabupaten Bantul tak terpengaruh dengan adanya gelombang tinggi. Usai dihantam gelombang tinggi pada hari Sabtu (16/7/2022) yang lalu, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul mengklaim tidak ada penurunan signifikan wisatawan yang berlibur ke pantai.

“Kunjungannya mendekati normal,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, Minggu (17/7/2022).

Ia mengakui jika untuk Pantai Depok Kapanewon Kretek memang mengalami kerusakan akibat gelombang tinggi. Iapun tidak menampik jika di Pantai Depok terjadi abrasi dan ombak besar.

Kendati demikian Dinas Pariwisata menyampaikan seperti yang dilihat pada hari Minggu kemarin, posisi kerusakan ada di beberapa titik saja.

Baca Juga :   NTT Waspada Gelombang Tinggi

“Itu hanya lapak saja, warung semi permanen bukan warung permanen milik warga setempat,” ujar Kwintarto.

Karena kerusakan tidak seberapa, maka pihaknya tidak menutup kawasan Pantai Depok. Sehingga aktivitas kegiatan pariwisata sampai saat ini masih dalam keadaan memungkinkan dan bisa dianggap mendekati normal. .

Dengan kejadian ia berharap para wisatawan memperhatikan situasi dan lingkungan agar keselamatan terjaga. Di manapun wisatawan berlibur untuk memperhatikan lingkungan sekitar. Agar keselamatan mereka tetap terjaga.

Baca Juga :   Warga Diminta Waspada Gelombang Tinggi 4-6 Meter di Selatan Jabar-DIY

“Pengunjung tidak mengalami penurunan yang signifikan. Tetap patuhi protokol kesehatan dan selalu perhatikan himbauan petugas,” tambahnya.

Kepala Seksi Promosi dan Infornasi Data Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnama Adhi mengatakan kunjungan wisatawan ke Bantul paska gelombang tinggi memang sedikit mengalami penurunan. Namun penurunan tersebut bukan karena gelombang tinggi, lebih karena libur sekolah telah usai.

Pihalnya mencatat jumlah wisatawan selama sepekan sebelumnya ada 46.263. Di mana yang masuk ke kawasan Parangtritis 40.905 orang. Dan Jumlah itu turun 27% dibanding mingguan yang lalu.

“Penurunan dikarenakan libur sekolah sudah usai,” ujar dia.

Baca Juga :   BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan Indonesia

Lelaki yang akrab dipanggil Ipung ini mengatakan kunjungan wisatawan pada akhir pekan ini yaitu tanggal 15-17 Juli 2022 ini mencapai 25.186. Di mana yang masuk ke Pantai Parangtritis dan Depok ada 21.492 orang.

Yang masuk ke kawasan Parangtritis turun 15% dibanding akhir pekan sebelumnya. Pada libur akhir pekan kemarin, Dinas Pariwisata Bantul mampu meraup Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 243.715.500.

“Dan untuk kunjungan sepekan yaitu tanggal 11 hingga tanggal 17 Juli 2022 kemarin pihaknya meraup Rp. 448.692.250,” tambahnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO