1 Orang Tewas Terbakar di Tapanuli Utara saat Padamkan Api

JagatBisnis.com – Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di Desa Sitanggor, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Akibat peristiwa ini, warga sekitar bernama Natal Simare-mare (50) tewas.

Kasi Humas Polres Tapanuli Utara Aiptu Walpon Baringbing mengatakan, kebakaran terjadi Sabtu (16/7), pukul 14.00 WIB.

Menurutnya, awalnya kobaran api muncul di atas perbukitan. Warga lalu beramai-ramai berusaha memadamkan api. Saat tiba di lokasi warga melihat korban tergelincir dan masuk ke dalam kobaran api.

Baca Juga :   Ibu Tiri di Sumut Tewas Akibat Dibakar ASN Wanita

“Melihat hal itu, saksi bernama David berteriak dan memberitahukan perihal tersebut kepada teman-temannya untuk berupaya melakukan pertolongan, namun tak kuasa mendekati posisi korban akibat kobaran api yang kian membesar,” ujar Walpon, Senin (18/7).

Namun karena wilayah kebakaran semakin luas, warga mundur. Mereka lalu melaporkan kejadian tersebut ke perangkat desa terdekat.

Selanjutnya tim yang terdiri dari masyarakat, Polsek Muara dan anggota Koramil Muara menuju lokasi untuk memadamkan api dan menyelamatkan korban.

Baca Juga :   Akhirnya Mayat yang Ditemukan di Sungai Bengawan Solo Terungkap

Namun mereka kesulitan, karena lokasi kebakaran merupakan wilayah perbukitan yang terjal.

“Ditambah lagi dengan kuatnya tiupan angin yang menambah tingkat kesulitan dalam upaya pemadaman,” ujarnya

“Api juga semakin membesar (jadi) tidak memungkinkan upaya pencarian korban, dan atas kesepakatan bersama dan petunjuk dari Camat Muara Lindung Sianturi, pencarian korban dilakukan pada keesokan harinya,” ujar Walpon.

Baca Juga :   Tukang Parkir di Sorong Tewas di Bawah Jembatan

Selanjutnya pada Minggu (17/7), pukul 07.00 WIB, tim gabungan kembali melakukan pencarian. Korban pun berhasil ditemukan dalam keadaan tewas terbakar

“Korban meninggal dunia telah dievakuasi dari lokasi kebakaran hutan, peristiwa ini sudah ditangani dengan melakukan cek TKP, memasang garis polisi, dan menghimpun keterangan dari para saksi,” ujar Walpon.

Sedangkan untuk penyebab kebakaran polisi masih menyelidikinya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO