Transisi Energi Membuat Ekonomi Bergeliat dan Kesejahteraan Melesat

JagatBisnis.com-PT PLN (Persero) mengajak keterlibatan global dalam proyek transisi energi di Indonesia. Langkah kolaborasi ini diperlukan bukan hanya untuk mengejar target carbon neutral di 2060 saja, tetapi juga memberikan dampak keberlanjutan bagi masyarakat sesuai dengan prinsip SDG’s.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, dalam peningkatan investasi di proyek transisi energi bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat. Investasi dari global bukan hanya sekedar untuk menuntaskan proyek, namun bisa mendorong perekonomian melalui pembukaan lapangan kerja, motor roda perekonomian daerah serta bisa meningkatkan local wisdom di daerah.

“Investasi yang dilakukan di Indonesia bukan semata-mata untuk mengejar target transisi energi saja, tetapi juga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Prinsip ini yang selalu kami kedepankan bahwa investasi yang masuk harus bisa memberikan multiplier effect,” kata Darmawan, Minggu (17/7/2022).

Baca Juga :   Tarif Listrik Tak Naik Hingga Akhir Tahun

Menurut dia, langkah strategis ini sudah lebih dulu dilakukan oleh China. China yang sebelumnya mayoritas pembangkitnya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) saat ini malah menjadi pemain utama dalam proyek energi baru terbarukan (EBT). Apalagi, saat ini banyak bahan baku teknologi energi bersih yang diciptakan oleh China.

Baca Juga :   Bergerak Bersama untuk Jakarta Bangkit Ekonomi Pulih

“Belajar dari pengalaman China, dalam proses transisi energi kita perlu membangun kapasitas nasional. Kita perlu memaksimalkan sumber daya lokal, melatih SDM yang kompeten, dan yang paling penting adalah mengubah paradigma konsumsi energi berbasis impor ke domestik,” imbuh Darmawan. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO