Jabodetabek Masih Dilanda Hujan Sedang-Lebat Sepekan ke Depan

JagatBisnis.com –  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat masih akan melanda wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) hingga sepekan ke depan. Untuk itu, masyarakat di wilayah diimbau mewaspada potensi hujan sedang sampai lebat.

“Untuk wilayah Jabodetabek masih perlu diwaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada siang-sore hari, terutama di wilayah Barat, Timur, dan Selatan,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, Sabtu (16/7/2022).

Dia menjelaskan, pihaknya telah mengeluarkan prakiraan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat masih mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia selama sepekan ke depan, meskipun telah memasuki musim kemarau. Hal ini disebabkan oleh masih aktifnya beberapa fenomena dinamika atmosfer skala global-regional yang cukup signifikan.

Baca Juga :   Sebagian Besar Wilayah Sultra Berpotensi Hujan Lebat

“Di antaranya fenomena La Nina yang pada bulan Juli ini diidentifikasi masih cukup aktif dengan kategori lemah,” tegas dia.

Baca Juga :   BMKG Sebut Ada 90 Gempa Susulan di Cianjur

Menurut Guswanto, meskipun saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sudah memasuki musim kemarau. Tapi, karena adanya fenomena-fenomena atmosfer tersebut memicu terjadinya dinamika cuaca yang berdampak masih turunnya hujan di sebagian besar wilayah Indonesia. Untuk itu, masyarakat diimbau agar mewaspadai terhadap kemungkinan adanya potensi hujan yang dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, dan banjir bandang.

Baca Juga :   Waspada Potensi Hujan Disertai Kilat di Jakarta Hari Ini

“Terkait musim kemarau, Guswanto juga mewanti-wanti agar masyarakat waspada terhadap dampak kekeringan. Hemat dan gunakan air secara bijak. Supaya dampak kekeringan akibat kemarau bisa kita hadapi bersama,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO