Banjir di Wilayah Jabodetabek BAZNAS Tanggap Bencana Bantu Evakuasi Korban Banjir

JagatBisnis.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menerjunkan tim untuk membantu proses evakuasi korban banjir di wilayah Jabodetabek, Sabtu (16/7).

Banjir kembali menerjang sejumlah titik wilayah Jabodetabek, tepatnya 5 titik di Bogor, 1 titik di Depok, dan 3 titik di Tangerang pada Jumat (15/7) malam.

“Merespon situasi tersebut, tim BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) langsung terjun ke lokasi terdampak untuk membantu para korban salah satunya di kawasan Ambar Waringin, Kabupaten Bogor,” ujar Pimpinan BAZNAS RI Saidah Sakwan MA, di Jakarta.

Baca Juga :   Madrasah dan Ponpes Dapat Bantuan Mobil Operasional dari BPKH dan BAZNAS

Tim BTB juga turut melakukan evakuasi korban banjir di Perumahan BSI Sawangan Kota Depok, Perumahan Villa Pamulang Pondok Petir Bojongsari Depok, Pondok Mitra Lestari Bekasi, wilayah Ciledug Tangerang, hingga di wilayah Dayeuh Handap, Kabupaten Garut.

Tidak hanya proses evakuasi korban banjir, Saidah menjelaskan, tim BTB juga mendistribusikan makanan siap saji dan mendirikan Dapur Air untuk memenuhi kebutuhan para penyintas.

Baca Juga :   Dukung Gerakan Cinta Zakat, DPR Imbau Semua BUMN Berzakat ke BAZNAS

“BAZNAS bergerak cepat dalam membantu korban bencana dengan menerjunkan tim evakuasi yang dibekali perahu karet serta perlengkapan lainnya. Fokus utama kami adalah bagaimana menyelamatkan warga terdampak dan membawanya ke tempat yang lebih aman,” tambahnya.

Saidah mengatakan, setelah para penyintas berada di lokasi yang aman, fokus BAZNAS akan beralih ke pemenuhan kebutuhan. Bagaimana agar penyintas mendapatkan kebutuhan dasar yang layak seperti makanan, selimut, pakaian, dan lainnya. Termasuk popok bayi, serta kebutuhan dasar lainnya.

Baca Juga :   BAZNAS Kirim Tim Terpadu Bantu Korban Bencana Banjir NTT

Melalui dana yang disalurkan donatur, BAZNAS terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada mereka yang membutuhkan, termasuk korban bencana banjir.

“Tim BAZNAS selalu bersiaga 24 jam untuk membantu penanganan banjir, serta yang utama adalah bagaimana membangkitkan korban banjir agar bisa segera pulih dan beraktivitas seperti biasa,” pungkasnya. (jbo)

MIXADVERT JASAPRO