Rusia Dituding Jadi Penyebab Meroketnya Inflasi di AS

Menkeu Amerika Serikat Janet Yellen

JagatBisnis.com – Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen menyebut invasi Rusia ke Ukraina menjadi biang kerok atas gejolak ekonomi global khususnya di AS.

Sebab perang tersebut menyebabkan harga sejumlah komoditas dunia naik khususnya minyak yang menyebabkan sejumlah negara mengalami inflasi.

“Kondisi ekonomi global yang memburuk sejak invasi Rusia ke Ukraina,” dalam konferensi pers di Nusa Dua, Bali, Kamis (14/7/2022).

Baca Juga :   Seberapa Jauh Amerika Akan Membantu Ukraina?

Dia menyebut, invasi Rusia ke Ukrania memberikan dampak yang nyata terhadap dunia. Bahkan harga energi saat ini sudah merangkak naik dan ketersediaan pangan dunia juga ikut terganggu.

“Kami melihat efek limpahan negatif dari perang itu di setiap sudut dunia, terutama sehubungan dengan harga energi yang lebih tinggi, dan peningkatan kerawanan pangan,”

Baca Juga :   Cadangan Emasnya Senilai Rp1.988 Triliun, Tidak Laku

Yellen mengatakan, meroketnya inflasi di AS juga akibat dari perang antara Rusia dan Ukraina. Hal ini yang harus menjadi perhatian seluruh negara terkait ancaman inflasi global.

“Inflasi di Amerika Serikat tetap sangat tinggi dan merupakan prioritas ekonomi utama pemerintahan kita untuk menurunkannya,” tambahnya.

Baca Juga :   Hubungan AS dan Saudi Kian Memburuk

Untuk itu, Yellen mengajak seluruh peserta dalam Presidency G20 ini untuk lebih serius dalam menyikapi ancaman tersebut. Sebab dunia cepat atau lambat akan menghadapi krisis pangan jika perang ini tidak berakhir.

“Ini termasuk mengatasi kerawanan pangan serta penerapan batas harga minyak Rusia,” tutupnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO