Begini Pengakuan Jemaah yang Bawa Air Zamzam di Dalam Koper

JagatBisnis.com – Ratusan koper jemaah haji Indonesia terpaksa dibongkar oleh petugas karena membawa air zamzam. Bahkan, ada satu kloter yang seluruh kopernya dikembalikan karena dari 360 koper, ada 297 yang ada air zamzam di dalamnya.

Apa alasan jemaah tetap memaksa membawa air zamzam di koper?

“Ya, saya bawa. Diminta (keluarga) ambil sendiri air zamzam, didoain. Tapi sedikit, cuma 10 botol kecil yang 330 ml,” ucap salah seorang jemaah yang enggan menyebut namanya di Hotel Al Kiswah, Jarwal, Jumat (15/7).

Baca Juga :   16.967 Jamaah Haji di Surabaya akan Berangkat pada Awal 4 Juni

“Bulik (Tante) bilang enggak apa-apa, dulu bisa yang penting kemasannya rapi. Kalau lolos, ya, alhamdulillah, kalau enggak, ya, belum rezeki,” imbuhnya.

Ketua Rombongan (Karom) di Kloter SOC-5, Asmawi, mengatakan anggota rombongannya tetap memaksa membawa air zamzam karena untung-untungan.

“Katanya kalau beli di Tanah Air tidak ada jaminan 100 persen air zamzam, di sini dijamin 100 persen. Ada sugesti zamzam itu buat obat,” ucap Asmawi.

Padahal, dia sudah menyampaikan bahwa tiap jemaah akan dapat 5 liter air zamzam gratis yang diberikan saat tiba di Tanah Air.

Baca Juga :   17 Jemaah Haji Asal Surabaya Meninggal di Tanah Suci

“Kalau mau zamzam yang 100 persen, tiap jemaah dapat jatah 5 liter. Terserah buat jimat atau apa,” lanjutnya campur canda.

Dia juga sudah mengingatkan berulang kali agar tidak memaksa membawa zamzam karena pasti ketahuan dan dibongkar. Petugas akan repot membongkar koper-koper yang sudah dikunci itu hanya untuk mengeluarkan zamzam.

“Banyak yang coba-coba. Alasannya kalau aturan itu dulu-dulu juga ada dan lolos. Tapi mungkin tahun ini lebih diperketat,” ucapnya.

Baca Juga :   22 Jamaah Haji yang Pulang ke Indonesia Positif COVID-19

Asmawi memberi solusi air zamzam itu kalau un mau dibawa, bisa dimasukkan tas tenteng yang kecil. Sekiranya di bandara disita, air zamzam diserahkan ke petugas tanpa ada tas yang dibongkar.

“Kalau mau nekat silakan di tas tenteng. Tidak ada barang yang dibongkar paksa. Kalau nekat masuk ke koper, jangan digembok. Ini loh buktinya petugas kelelahan (bongkar koper),” kata Asmawi. (pia)

MIXADVERT JASAPRO