Rajko Toroman Resmi Latih Timnas Basket Indonesia

JagatBisnis.com –  Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) langsung menunjuk Milos Pejic untuk menangani tim nasional bola basket putra Indonesia menggantikan posisi Rajko Toroman yang menyatakan mundur.

Keputusan tersebut terbilang mendadak karena diumumkan tepat sehari sebelum penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2022 yang akan dimulai pada Selasa (12/7/2022). Adapun kontrak Toroman sejatinya baru akan berakhir setelah FIBA Asia Cup 2022 selesai.

Manajer timnas bola basket putra Indonesia Jeremy Santoso mengatakan bahwa pembahasan pergantian pelatih didiskusikan dalam beberapa hari ke belakang dan telah melalui pembicaraan bersama dengan Toroman dan pertimbangan serta evaluasi terlebih setelah pelaksanaan SEA Games di Vietnam, Mei lalu.

“Ini adalah hasil evaluasi jangka panjang dan keputusan bersama, termasuk Coach Toro (Toroman) yang ikut memutuskan,” ungkap Jeremy dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (11/7/2022).

“Kami duduk bersama semua pihak dan evaluasi BTN (Badan Tim Nasional). Setelah hasil evaluasi, kami merasa oke saat SEA Games itu sangat prima dengan kepemimpinan Milos. Coach Toro mundur dan itu sudah kesepakatan bersama,” kata dia menjelaskan.

Pejic bukan sosok yang asing bagi timnas bola basket putra Indonesia. Mantan pelatih Satria Muda Jakarta itu sebelumnya pernah menangani timnas elite junior, Indonesia Patriots di Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2022.

Pelatih asal Serbia itu juga sempat menjabat pelatih kepala timnas Indonesia saat tampil pada SEA Games 2021 di Vietnam, Mei lalu, duet bersama Toroman yang pada saat itu menjabat Direktur Teknik.

Duet Pejic dan Toroman di lapangan sukses mengantarkan Indonesia meraih medali emas SEA Games untuk pertama kalinya dalam sejarah.

“Keputusan ini mungkin terlihat tiba-tiba. Dari PP Perbasi dan BTN sudah berbicara ini sejak lama, mungkin sejak setelah SEA Games,” ucap Jeremy.

“Kita melihat di mana ada kesamaan sistem cara melatih di antara Coach Milos dan Toroman. Coach Milos ini muridnya Coach Toro. Keputusan ini tidak akan mengubah sistem kami. Ini akan jadi tantangan sekaligus angin segar untuk tim kami,” ujarnya lagi.

Indonesia akan mengawali fase penyisihan Grup A Piala FIBA Asia 2022 melawan Arab Saudi pada 12 Juli, sebelum bertemu lagi dengan Yordania pada 14 Juli. Indonesia selanjutnya akan menghadapi sang juara bertahan Australia pada 16 Juli. (pia)

MIXADVERT JASAPRO