Mulai Besok, Bandara Halim Dibuka Kembali untuk Layani VIP

JagatBisnis.com –  Bandara Halim Perdanakusuma kembali dibuka, setelah ditutup sejak akhir Januari 2022. Mulai dan mulai melayani penerbangan VIP Rabu (13/7/2022) besok. Sedangkan, untuk penerbangan komersial ditargetkan akan kembali dibuka pada September 2022 mendatang. . Penutupan ini karena dilakukan revitalisasi di bandara tersebut.

“Usai revitalisasi secara teknis, runway Bandara Halim Perdanakusuma sudah bisa digunakan secara terbatas untuk latihan militer dan penerbangan VIP mulai Rabu (13/7/2022), dan September nanti sudah bisa digunakan untuk komersial,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, usai melakukan lepas landas dan pendaratan di landasan menggunakan pesawat kalibrasi jenis King Air 350i, Selasa (12/7/2022).

Dia menjelaskan, langkah revitalisasi dilakukan untuk memperbaiki fasilitasi sisi darat maupun udara. Hal itu dilakukan rangka meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan. Adapun penggunaan landasan secara terbatas dimaksudkan untuk melakukan perbaikan-perbaikan, jika ada kekurangan yang harus diperbaiki.

Baca Juga :   26 Januari, Bandara Halim Akan Tutup Sementara

“Selain landasan, kami juga membangun terminal untuk tamu VVIP. Pengoperasian secara komersial akan dilakukan berbarengan dengan selesainya bangunan terminal,” ujarnya.

Baca Juga :   Jokowi Tunjuk Tiga BUMN Revitalisasi Bandara Halim

Budi Karya menyampaikan apresiasi kepada sejumlah pihak, yakni Kementerian Pertahanan, Kementerian PUPR, Angkasa Pura II, kontraktor pembangunan, dan jajaran Kemenhub yang telah memberikan dukungan yang baik selama pengerjaan. Karena progres pembangunan revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma hingga saat ini sudah mencapai 72,6 persen.

Baca Juga :   Bandara Halim Ditutup, Ada 67 Pesawat Dipindah

“Adapun untuk pekerjaan sisi udara di antaranya landasan pacu (runway), landas hubung (taxiway), dan landas parkir (taxiway) ditargetkan selesai pada akhir Juli 2022,” ulasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO