DPRD Sulut: Banyak ODGJ Berkeliaran di Jalanan

Ilustrasi ODGJ Foto: Sumut Pos

JagatBisnis.com – Anggota DPRD Sulawesi Utara (Sulut), Jhony Panambunan mengaku heran dengan banyaknya Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang berkeliaran di jalanan Kota Manado hingga Kota Bitung.

Panambunan yang merupakan anggota Komisi IV ini mempertanyakan program pemerintah Provinsi Sulut maupun pemerintah daerah dalam penanganan ODGJ yang berkeliaran tersebut.

“Sulawesi Utara itu kini tengah menatap sebagai wilayah pariwisata terkemuka di Indonesia. Apa tanggapan wisatawan nanti kalau mereka datang ke daerah ini malah yang terlihat banyak ODGJ berkeliaran,” kata Panambunan.

Untuk itu Panambunan berharap ada program jelas untuk menangani hal tersebut, sehingga tidak tercipta stigma buruk jika pemerintah lepas tangan dengan persoalan ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Daerah, Debbie Kalalo mengaku jika penanganan ODGJ adalah kewenangan bersama pihaknya dengan Dinas Sosial.

“Dalam penanganan ODGJ ini kita bekerja sama dengan Dinas Sosial dan nanti akan dibentuk tim. Namun yang menjadi persoalan kita tidak mempunyai semacam panti untuk menampung mereka,” kata Kalalo.

Tapi menurut Kalalo, jika di gedung baru rumah sakit Ratumbuysang pihaknya bersama Dinas Sosial akan memaksimalkan tempat tersebut untuk menampung para ODGJ.

”Ke depan yang di Kalasey (RS Ratumbuysang) dan sudah ada di dalam masterplan akan di bangun tempat untuk menampung ODGJ ini. Tapi tidak di dalam rumah sakit, dan ini akan bekerja sama dengan dinas sosial,” katanya kembali. (pia)

MIXADVERT JASAPRO