BRI Dukung BKPM Mudahkan Legalitas UMKM

JagatBisnis.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan kemampuannya. Di antaranya dalam hal branding usaha dan pengetahuan terkait digitalisasi. Salah satu cara adalah bekerja sama dengan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk menyelenggarakan kegiatan pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK). Acara yang digelar di Solo, Jawa Tengah beberapa waktu lalu, langsung dihadiri oleh Menteri BUMN RI Erick Thohir.

Baca Juga :   KUR BRI Serap 32,1 Juta Lapangan Kerja

Menteri BUMN RI Erick Thohir mengatakan, UMKM harus senantiasa didorong untuk meningkatkan produktivitas usaha sehingga bisa naik kelas. Pelaku UMKM dan ultra mikro memiliki multiplier effect yang kuat. Untuk naik kelas, UMKM membutuhkan pendampingan dan dukungan.

“Seperti kata Pak Presiden, basis dari pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah ekonomi kerakyatan. UMKM harus dipastikan bisa go global. Maka, kami jadikan UMKM sebagai rantai pasok yang berkesinambungan,” ujarnya.

Baca Juga :   BRI Dinobatkan Sebagai Bank Paling Bernilai di Indonesia

Sementara itu, Direktur Bisnis Wholesale & Kelembagaan BRI, Agus Noorsanto manambahkan, pihaknya akan terus hadir untuk mendampingi para pelaku UMKM agar naik kelas. Apalagi, pihaknya juga terbuka untuk melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk mendukung UMKM mengembangkan dan meningkatkan kapasitas usahanya.

Baca Juga :   BRI Resmikan Menara BRILiaN

“Sebelumnya, ada lebih dari 50 ribu pelaku UMKM yang terdaftar NIB. Kegiatan Sosialisasi NIB juga telah dilaksanakan di dua kota, yakni Bandung dan Surabaya. Peserta yang hadir di kedua kota tersebut mencapai sebanyak 2 ribu pelaku usaha,” tegasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO