Bahlil: Puan-Anies Bisa Menang Satu Kali Putaran di 2024

Menteri ESDM ad interim, Bahlil Lahadalia

JagatBisnis.com – Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengomentari kemungkinan duet Puan Maharani-Anies Baswedan di Pilpres 2024. Komentar itu disampaikan Bahlil menanggapi pertanyaan terkait kemungkinan Puan dipasangkan dengan Anies di 2024.

“Itu pasangan bagus itu. Bisa satu kali putaran itu pasangan,” kata Bahlil saat rilis survei Indikator Politik Indonesia, Senin (11/7).

Respons Bahlil kemudian dijawab oleh Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi. Menurutnya, Puan dan Anies adalah pasangan yang saling melengkapi.

Berdasarkan kualitatif, Puan memiliki PDIP sebagai kekuatan partai yang bisa mencalonkan capres-cawapres tanpa harus berkoalisi dengan partai lain. Sementara Anies merupakan figur non partai yang cukup diunggulkan dalam berbagai kesempatan.

Baca Juga :   Angka Kematian Covid-19 di DKI Meningkat, Anies Dirikan Posko Pemulasaran di Monas

“Kemudian dari sisi latar belakang juga punya kombinasi yang unik. Mbak Puan politisi, [Ketua] DPR, pernah jadi Menko. Kemudian Mas Anies adalah latar belakang akademisi, beliau juga jadi kepala daerah. Jadi banyak kombinasi unik antar keduanya dan keduanya punya keturunan yang berasal dari pahlawan nasional kita, cucu pahlawan nasional,” ungkap Burhan.

Baca Juga :   Puan Optimis Nama Calon Panglima TNI Segera Dikirim ke DPR

Namun berdasarkan kuantitatif, belum ada data yang bisa mendukung dari sisi elektoral. Menurutnya, munculnya ide menduetkan Puan-Anies karena keduanya terlihat akrab pada perhelatan Formula E di Ancol, Jakarta Pusat, beberapa waktu yang lalu.

“Kalau enggak salah Pak Bahlil ada di Ancol itu. Di sirkuit, kan, terkesan seolah-olah keduanya menampilkan kemesraan yang kemudian dibaca sebagian elite untuk menjodohkan kedua elite ini. Jadi secara elektoral perlu dites apakah keduanya punya daya tarik yang kuat di kalangan pemilih,” tuturnya.

Baca Juga :   PPKM di Jakarta Level 3, Anies: WFH 75 Persen, PTM 50 Persen

Usai mendengarkan penjelasan Burhan, Bahlil kembali mengatakan bahwa Puan dan Anies adalah figur tokoh muda dan cerdas. Bahkan, menurutnya, duet Puan-Anies dapat menyatukan kubu cebong dan kampret, yang ramai di kalangan publik pada Pilpres 2019 lalu.

“Menurut saya bisa-bisa ini penggabungan cebong dan kampret. Ini, kan, di mana-mana ada cebong, kampret, ada ini, itu. Saya pikir ini dua-duanya bagus juga. Saya pikir kalau ada surveinya itu top lah,” pungkasnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO