Kalahkan PSIS Semarang, Arema Melaju ke Final Piala Presiden

JagatBisnis.com –  Arema FC memastikan diri melaju ke partai final turnamen pramusim Piala Presiden 2022, setelah mengalahkan PSIS Semarang pada laga kedua dengan skor 2-1 dan agregat 4-1.

Pada laga kedua yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (11/7/2022), gol kemenangan Arema masing-masing dicetak oleh Rizky Dwi pada menit ke-30 dan M Rafli pada menit ke-75. Sementara gol PSIS Semarang dicetak oleh Jonathan Cantillana pada menit ke-88.

Pada pertandingan pertama babak semifinal turnamen pramusim Piala Presiden 2022 di Stadion Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah pada 7Juli 2022, Arema FC mengantongi kemenganan 2-0. Dengan demikian, klub berjuluk Singo Edan itu melaju ke babak final dengan agregat 4-1.

Pada menit awal pertandingan yang dimulai pukul 15.30 WIB tersebut, PSIS Semarang yang tertinggal dua gol tanpa balas pada pertandingan pertama, berupaya mencuri peluang. Setidaknya ada satu peluang yang sempat mengancam pertahanan Arema FC sebelum pertandingan berjalan selama lima menit.

PSIS memiliki peluang cukup menjanjikan melalui tendangan Wawan Febrianto pada menit ke-6. Namun, tendangan pemain tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar tersebut masih sedikit melebar di sisi kiri gawang Arema FC yang dikawal oleh Adilson Maringa tersebut.

Pada sepuluh menit awal pertandingan, kedua tim tampil berimbang meski PSIS mendapatkan lebih banyak peluang dibanding Singo Edan. Arema FC berupaya untuk menekan pertahanan PSIS namun masih belum mampu mencari celah pada barisan pertahanan yang dimotori oleh Wahyu Prasetyo itu.

Baca Juga :   Arema FC Kehabisan Tenaga untuk Kejar Gelar Juara

Pemain Arema FC Abel Camara memiliki peluang yang sangat menjanjikan pada menit ke-13, namun tendangan keras pemain berdarah Portugal-Guinea Bissau tersebut masih sedikit melebar dari gawang yang dijaga olek Ray Redondo itu.

PSIS mendapatkan peluang melalui tendangan bebas di luar kotak penalti pada menit ke-17 akibat terjadi pelanggaran. Namun, tendangan keras Jonathan masih membentur mistar gawang dan belum mampu menjadi gol.

Pemain belakang Arema FC Sergio Silva terpaksa harus mendapatkan kartu kuning pada menit ke-28, akibat pelanggaran yang dilakukan untuk menghentikan serangan balik yang tengah dibangun oleh PSIS Semarang. Tidak lama berselang, Arema FC mendapatkan peluang melalui tendangan bebas tepat di luar kotak penalti.

Tendangan bebas tersebut dieksekusi oleh pemain bernomor punggung 12, Rizky Dwi dan mengarah tepat di pojok kiri atas gawang yang dikawal oleh Ray Redondo. Arema FC unggul 1-0 menit ke-31 pada pertandingan kedua itu dan 3-0 pada agregat laga semifinal turnamen pramusim Piala Presiden 2022.

Pemain PSIS Jonathan mendapatkan kartu kuning pada menit ke-37 akibat berpura-pura terjatuh di dalam kotak penalti Arema FC. PSIS yang berupaya mengejar ketertinggalan, masih belum mampu membuka barisan pertahanan Arema FC yang dimotori oleh Sergio Silva tersebut.

Baca Juga :   Pemain Arema FC Didaftarkan Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Hingga pertandingan babak pertama berakhir, kedudukan belum berubah, Arema FC unggul 1-0 dengan agregat 3-0 atas PSIS Semarang.

Memasuki babak kedua, Arema FC melakukan pergantian pemain. Jayus Hariono dan Dendi Santoso ditarik keluar digantikan oleh Evan Dimas dan Adam Alis. Sementara PSIS mengganti Oktavianus Fernando dengan Delfin Rumbino.

PSIS Semarang memiliki peluang emas pada menit ke-49 lewat tandukan keras Allie Sesay. Namun, sundulan pemain dengan nomor punggung empat tersebut masih mampu dihalau oleh penjaga gawang Adilson Maringa.

Pemain Arema FC Gian Zola ditarik keluar digantikan oleh M Rafli karena mengalami cedera. Gian Zola terpaksa harus ditandu keluar lapangan akibat cedera yang dialaminya pada menit ke-51.

PSIS terus berupaya menekan pertahanan Singo Edan, namun, sejumlah peluang yang terjadi masih belum berhasil diubah menjadi gol oleh anak asuh Sergio Alexandre tersebut. Sementara Arema FC beberapa kali mencoba mencari peluang untuk menambah keunggulan melalui serangan balik.

Penyerang Arema FC M Rafli mendapatkan umpan terobosan dari Abel Camara pada menit ke-57. Rafli yang beradu kecepatan dengan pemain belakang PSIS Semarang mampu menembus dan melepaskan tendangan keras. Namun tendangan tersebut masih mampu ditahan oleh Ray Redondo.

Tidak lama berselang, penyerang baru Arema FC Abel Camara mendapatkan dua peluang yang cukup menjanjikan. Peluang pertama datang dari umpan Ilham Armayn dari sisi kanan pertahanan PSIS Semarang. Namun sontekan Camara masih sedikit melebar dari gawang.

Baca Juga :   Liga 1 Tak Jelas, PSIS Semarang Ditinggal Pelatih

Sementara peluang kedua, tendangan keras kali kiri Camara juga masih melebar dari gawang yang dijaga oleh Ray Redondo. Arema FC terus mendapatkan peluang melalui skema serangan balik, namun masih belum mampu dijadikan gol untuk menambah keunggulan.

Pada menit ke-75, Arema FC akhirnya berhasil menambah keunggulan melalui gol yang dicetak oleh M Rafli. Gol tersebut tercipta berkat umpan dari Camara yang kemudian diteruskan oleh Evan Dimas kepada pemain yang belum lama masuk ke lapangan, Irysad Maulana.

Tendangan Irsyad masih mampu ditepis oleh penjaga gawang PSIS. Namun, bola muntah tersebut akhirnya berhasil dimanfaatkan oleh M Rafli dan menambah keunggulan Arema FC 2-0 dengan agregat 4-0.

PSIS Semarang mampu memperkecil ketertinggalan setelah Jonathan akhirnya mampu menaklukkan Sergio Maringa pada menit ke-88. Gol Jonathan itu memanfaatkan bola rebound di dalam kotak penalti yang akhirnya mamou diubah menjadi gol. Kedudukan berubah menjadi 2-1 dengan agregat 4-1 untuk Arema FC.

Hingga peluit akhir ditiup wasit asal Sulawesi Utara, Steven Yubel Poli, kedudukan tidak berubah 2-1. Arema FC melaju ke babak final turnamen pramusim Piala Presiden 2022 dengan agregat 4-1 dan akan menghadapi pemenang dari pertandingan antara Borneo FC dan PSS Sleman. (pia)

MIXADVERT JASAPRO