PLN Jakarta Kerahkan 2.356 Personil Amankan Kelistrikan Idul Adha

JagatBisnis.com –   PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya melakukan perkuatan dan pemantauan pasokan listrik di seluruh wilayahnya saat moment Idul Adha 1443 H. Sebanyak 2.356 personil tersebar di 18 posko disiagakan mulai 9-11 Juli 2022.  Para personil itu bertugas menjaga keandalan pasokan listrik selama perayaan hari besar umat Muslim itu.

“Mereka berjaga dengan melakukan sistem piket bagi petugas operasional selama 24 jam. Kami standby dan siaga kelistrikan selamat Idul Adha agar umat muslim dapat menjalankan ibadah dengan tenang dan nyaman,” kata General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy B Pangaribuan, dalam keterangannya, Sabtu (9/7/2022).

Selain itu, lanjut dia, pihaknya PLN juga menyiapkan peralatan backup keandalan. Di antaranya dengan 6 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) kapasitas total 890 kVA, 4 Unit Kabel Bergerak (UKB) dengan panjang total 1.600 meter, 21 unit Unit Gardu Bergerak (UGB) kapasitas total 14.480 kVA, 20 unit genset powerbank kapasitas total 8.890 kVA, 7 unit deteksi, dan 4 unit crane yang siaga di semua unit PLN di wilayah Jakarta.

Baca Juga :   Saat Forum ETWG-1, Delegasi G20 Gunakan Kendaraan Listrik dan SPKLU Milik PLN

“Diprediksi beban puncak Hari Raya Idul Adha 1443 H pukul 19.00 mencapai 3.715 MW! Angka itu naik 11 persen dibandingkan realisasi tahun 2021 sebesar 3.348 MW. Sejumlah 437 rumah ibadah menjadi pantauan kesiagaan pasokan listrik jelang hari raya kurban, dengan titik pantauan utama adalah Masjid Istiqlal,” paparnya.

Baca Juga :   PLN Jatim Perkuat dengan Energize SUTT 150 kV Gunungsari Incomer

Sementara itu, Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Tanjung Priok, Yauri Rahmadin Madjid menambahkan, selain rumah-rumah ibadah tersebut, pihaknya juga menyiapkan listrik andal untuk Jakarta International Stadium (JIS) yang menjadi pusat penyelenggaraan Salat Idul Adha bagi warga Jakarta.

Baca Juga :   Selama Idul Fitri, PLN Tangani 3.500 Laporan Pelanggan

“Pasokan listrik sebesar 500 KVA dan UPS 200 KVA berikut petugas siaga stand by di Gardu dan panel siap untuk pengamanan pasokan listrik pada saat pelaksanaan takbir dan Ibadah Salat Idul Adha nanti,” imbuhnya.

Untuk itu, pihaknya menghimbau, kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap penggunaan alat elektronik ketika ditinggalkan selama pelaksanaan salat dan silaturahmi bersama sanak keluarga dan kerabat.

“Cabut semua peralatan listrik yang tidak digunakan dan pastikan keamanan rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tegasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO