KAI Targetkan Waktu Tunggu KRL Jadi 3 Menit

JagatBisnis.com –   PT Kereta Api (Persero) atau KAI menargetkan headway atau waktu tunggu kereta rel listrik (KRL) dapat dipersingkat menjadi 3 menit pada 2025. Waktu tunggu itu lebih cepat ketimbang saat ini yang berkisar 10-15 menit. Maka, untuk memperpendek waktu, perlu berbenah di berbagai sisi. Misalnya, operasional sistem persinyalan hingga penyediaan sarana yang aman.

Baca Juga :   Gandeng Operator KA Malaysia, KAI Siapkan SDM Terbaik untuk LRT Jabodebek

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, pihaknya bersama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) ingin buat headway sesingkat mungkin. Sayangnya, sinyal seperti sekarang belum memungkinkan. Karena ada persilangan dengan kereta api jarak jauh (KJJ). Untuk itu, saat ini pihaknya sedang mengatur ulang pola pergerakan kereta api (KA) melalui switch over (SO)

“Saat ini, pengerjaan switch over dilakukan di Stasiun Manggarai. Karena stasiun ini akan menjadi stasiun sentral dalam 3 tahun mendatang,” katanya, seperti dikutip dari laman resmi kai.id, Sabtu (9/7/2022).

Baca Juga :   KAI Ungkap Perlintasan yang Rawan Kena Lemparan Batu di Jakarta

Menurut dia, pekerjaan SO disertai dengan pembangunan Stasiun Manggarai. Dalam tahapan pembangunan awal, kecepatan tiba kereta diklaim bisa mengalami peningkatan hingga 5 menit. Tapi pada tahapan-tahapan awal seharusnya bisa headway dengan 5 menit.

Baca Juga :   KAI Tangkap Pelaku Pencuri Rel Kereta Api

“Untuk mempersingkat waktu tunggu kereta, operator telah melakukan pemisahan jalur KRL dan KJJ. Kebijakan itu diterapkan di jalur Bogor dan Bekasi. Jadi, headway kereta lintasan Bogor menjadi 6 menit dan lintas Bekasi menjadi 8 menit,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO