Padatnya Jadwal Piala AFF U-19 Bikin Para Pemain Menderita

Timnas Indonesia

JagatBisnis.com –  Pelatih timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong mengatakan bahwa jadwal padat Piala AFF U-19 buat para pemainnya menderita.

Sejak mulai bergulir 2 Juli 2022 silam, kontestan Piala AFF U-19 termasuk Indonesia sudah dihadapkan dengan agenda pertandingan dua hari sekali. Praktis, Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan hanya memiliki jeda sehari sebelum akhirnya kembali merumput di laga lanjutan.

Menurut Shin Tae-yong, hal ini sejatinya membahayakan bagi kebugaran pemain. Terlebih di dua partai terakhir, para penggawanga Garuda Muda banyak mengalami keram hingga harus berjatuhan di lapangan.

Baca Juga :   Usai Takluk dari Korsel, Shin Tae-yong Genjot Fisik Timnas U-19

“Jadi seperti mungkin apa yang dilihat di lapangan, cuacanya sangat panas dan 2 hari sekali tanding itu sangat bahaya bagi pemain. Harusnya 3-4 hari sekali, itu sangat baik untuk meningkatkan performa pemain,” kaya Shin Tae-yong usai laga kontra Filipina di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (8/7/2022).

Jadwal padat plus suhu panas Kota Bekasi jadi momok menakutkan bagi pemain. Terbukti, Shin Tae-yong kehilangan satu pemain andalannya, Marselino Ferdinan yang terpaksa angkat koper lebih cepat di AFF U-19 lantaran cedera yang mendera sang pemain.

Baca Juga :   Warganet Minta Shin Tae-yong Dikontrak Panjang

“Main 2 hari sekali dan juga suhunya 28-30 serajat, itu yang buat pemian menderita. Tapi mujur, dengan mental pemain, kami bisa memepertahankan dengan baik,” imbuh Shin.

Mensiasati jadwal padat, pelatih berpaspor Korea Selatan hampir merotasi semua pemainnya di pada pertandingan keempat babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 kontra Filipina, Jumat.

Shin mengganti sebanyak sembilan pemain utama yang sebelumnya berjibaku kontra Thailand di game ketiga.

Hanya tiga nama yang kembali jadi pilihan Shin dalam sebelas pertama kontra Gajah Perang yakni kiper Cahya Supriadi, bek Marcell Januar dan gelandang Ferdiansyah Cecep.

Baca Juga :   Shin Tae-yong: Saya Tak Suka Orang yang Suka Bohong

Timnas U-19 Indonesia saat ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan koleksi delapan poin dari empat laga (selisih gol 11).

Skuad Garuda Nusantara wajib menang di laga pamungkas kontra Myanmar demi meraih satu tiket lolos ke semifinal. Duel Indonesia versus Myanmar bakal berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022). (pia)

MIXADVERT JASAPRO