Ini Bahayanya Tinggalkan Korek Gas di Mobil

Ilustrasi Korek Gas di Mobil Foto: HargaMobil

JagatBisnis.com – Temperatur dalam kabin mobil saat berada di bawah terik sinar matahari bisa berubah menjadi sangat tinggi. Karena itu, sangat disarankan tidak meninggalkan barang-barang berbahaya yang bisa meledak seperti korek gas.

Benda ini sangat berbahaya jika diletakkan pada tempat dengan suhu panas. Korek potensi meledak kapan saja. Ledakan ini bisa menimbulkan api dan menyambar di dalam kabin mobil.

Kasus korek meledak sudah pernah dialami oleh salah satu pengguna mobil. Mobil mengalami rusak parah pada interior karena meleleh serta kaca depan retak. Hal ini sempat membuat heboh dunia maya.

Baca Juga :   Kini Kendarai Motor Listrik Harus Ganti SIM

Ahli dari Venson Automotive Solutions Gil Kelly menjelaskan, korek gas meledak karena panas di kabin mobil mungkin terjadi.

Kelly menjelaskan pada dasarnya saat diparkir di bawah sinar matahari langsung, kabin mobil seperti rumah kaca.

Disebut hanya butuh waktu 10 menit membuat suhu kabin naik ke tingkat berbahaya. Selain korek gas, benda berbahaya lain yang riskan meledak di kabin mobil yaitu kaleng aerosol, minuman kaleng bersoda, hingga baterai.

Baca Juga :   Ini Langkah Mudah Menyiapkan Mobil saat Musim Hujan

“Beberapa pengemudi mengambil risiko mengangkut barang-barang yang mudah terbakar termasuk bensin dalam wadah, meningkatkan risiko pembakaran spontan,” ucap dia.

The Sun melaporkan sebuah korek gas dapat meledak saat suhu melonjak hingga lebih dari 30° C, sementara suhu di dalam mobil saat terjemur bisa sampai 60° C.

Saat terpapar suhu tinggi, tekanan gas di dalam korek akan meningkat dan pada titik panas tertentu bisa meledak.

Baca Juga :   Harga Mobil Listrik Mahal, China Malah Potong Subsidi 30 Persen

Menurut Head Product Improvement Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi. ada baiknya setiap pengemudi atau penumpang memahami apa yang mereka bawa sebelum ditinggalkan pada kabin.

“Korek gas bahkan pengharum ruangan botol memang dapat menyebabkan kebakaran bila dalam kondisi panas apalagi kalau posisinya persis di bawah kaca. Potensi meledak akan semakin besar. Seperti di beberapa botol pengharum ruangan saja suka ada tulisan tidak [boleh] terkena panas atau dibakar,” kata Bambang. (pia)

 

MIXADVERT JASAPRO