Sapi Sumbangan Jokowi Sudah Diperiksa dan Bebas dari PMK

JagatBisnis.com – Presiden Jokowi menyumbang sapi ke seluruh provinsi Indonesia dalam rangka Idul Adha. Masing-masing provinsi mendapatkan satu sapi dengan berat sekitar 800 kg-1,4 ton.

Untuk memastikan kesehatan sapi tersebut, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan pihaknya tengah mewaspadai Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) yang menyerang ternak di Indonesia. Atas dasar itu, Istana Kepresidenan memastikan seluruh sapi sumbangan Jokowi telah melalui proses perawatan dan pemeriksaan.

“Kita ketahui isunya saat ini PMK, kami bersama para Gubernur menjaga itu supaya semuanya sapi-sapi kurban itu sesuai dengan karakter kesehatan yang sudah ditetapkan kementerian terkait,” kara Heru di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (8/7).

Heru mengatakan, Sekretariat Presiden telah bekerja sama dengan gubernur, Dinas Pertanian setempat, Kementan, dan Kemenag untuk memastikan sapi sumbangan Jokowi sehat.

“Dikoreksilah sapi itu dan lain-lain. Maka tentunya sudah melewati dari proses-proses kesehatan yang diberikan, sapi dari Bapak Presiden tentunya sudah sehat,” beber Heru.

Di kesempatan yang sama, Deputi I Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Setpres Rika Kiswardani mengatakan ada sejumlah kendala dalam distribusi sapi. Terutama, bagi daerah yang jauh dari peternakan sapi.

“Tahun ini ada yang menantang. Ada lima provinsi yang penyeberangan cukup jauh, seperti di Sulawesi Utara itu di Pulau Tidore, Sulawesi Selatan itu di Pulau Selayar, Sulawesi Tenggara di Pulau Buton, Maluku Utara di Pulau Bacan, dan Maluku di Pulau Seram,” kata Rika.

“Namun demikian, apa pun dinamika lokasinya kita bersama jajaran Kementerian Pertanian, Kementerian Agama, dan pemerintah daerah berkolaborasi cukup baik untuk menyasar daerah tersebut,” tutup Rika. (pia)

MIXADVERT JASAPRO