Minggu, Pemko Batam Gelar Salat Idul Adha di Dataran Engku Putri

JagatBisnis.com –  Mengikuti Pemerintah, Pemko mengelar Salat Idul Adha di Batam pada Minggu 10 Juli 2022 akan di Dataran Engku Putri.

Ketua panitia kegiatan pelaksanaan Idul Adha tingkat Kota Batam, Yusfa Hendri di Batam, Jumat mengatakan petugas yang akan bertugas dalam shalat Idul Adha yaitu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kepri, Bambang Maryono sebagai khatib, dan Imam Masjid Agung Batam, Imam Muslim sebagai imam shalat.

“Karena pemerintah sudah menetapkan 10 Dzulhijjah itu pada tanggal 10 Juli, jadi kita akan melaksanakan untuk tingkat Kota Batam dilaksanakan berpusat di Engku Putri. Nanti yang akan bertindak sebagai khatib Bapak KH Bambang (Ketua MUI Kepri) dan imam shalat Bapak Imam Muslim (Imam Masjid Agung Batam), shalat jam 7 pagi di mulai,” ucapnya.

Baca Juga :   MUI Sumatera Barat Tolak Larangan Salat Idul Adha

Meskipun kegiatan di luar ruangan dibolehkan tidak menggunakan masker, Yusfa mengimbau kepada masyarakat Kota Batam untuk mematuhi protokol kesehatan bahkan pihaknya akan mengerahkan petugas di setiap pintu masuk Engku Putri untuk melakukan pemeriksaan suhu, menyediakan masker dan hand sanitizer.

Baca Juga :   Besok, Arab Saudi Tentukan Awal Zulhijah untuk Tentukan Idul Adha

“Tetapi kita tetap menghimbau kepada jamaah untuk mematuhi protokol kesehatan. Kita juga menyiapkan petugas untuk pemeriksaan suhu, kemudian menyiapkan masker, dan hand sanitizer di setiap pintu-pintu masuk,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau, Zulkarnain menyebutkan titik shalat Idul Adha di Batam bertambah jika dibandingkan tahun 2021.

“Tahun ini bertambah titik shalat Idul Adha, kalau tahun lalu ruang gerak dibatasi karena masih maraknya pandemi COVID-19. Jadi hanya sedikit saja jumlahnya,” kata Zulkarnain.

Baca Juga :   4.946 Sapi Dikirim ke Kalimantan Jelang Idul Adha

Terdapat 526 titik shalat Idul Adha pada 2022 yang tersebar di 12 titik kecamatan Kota Batam di antaranya Kecamatan Belakang Padang 28 titik, Kecamatan Batu Ampar 30 titik, Kecamatan Sekupang 60 titik.

Kemudian Kecamatan Sei Beduk 24 titik, Kecamatan Nongsa 24 titik, Kecamatan Galang 44 titik, Kecamatan Bulang 21 titik.

Lalu Kecamatan Lubuk Baja 22 titik, Kecamatan Bengkong 70 titik, Kecamatan Batam Kota 86 titik, Kecamatan Batu Aji 42 titik dan Kecamatan Sagulung 75 titik. (pia)

MIXADVERT JASAPRO