Gandeng Operator KA Malaysia, KAI Siapkan SDM Terbaik untuk LRT Jabodebek

JagatBisnis.com –  PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI tengah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) terbaik untuk menyambut operasi layanan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek. Untuk menyiapkan awak sarana perkeretaapian otomatis dan pengendali otomatis LRT Jabodebek, operator kereta api (KA) Malaysia, yaitu Prasarana Berhad Malaysia diajak bekerja sama. Alasan dipilihnya operator KA dari Malaysia, karena sudah berpengalaman dalam mengoperasikan KA secara otomatis yang menerapkan sistem Grade of Automation (GoA) 3 sejak tahun 1998.

Baca Juga :   KAI Buka Pemesanan Tiket Lebaran

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menjelaskan, nantinya, sinergi dan kolaborasi ini akan sangat berguna dalam pengoperasian LRT Jabodebek. Karena menambah pengetahuan, transfer knowledge, dan pengalaman terkait penanganan sistem GoA3. Dalam upaya pengoperasian LRT Jabodebek sebaik mungkin, pihaknya akan mempersiapkan SDM berkualitas yang selalu mengutamakan keselamatan.

“Kolaborasi ini merupakan salah satu upaya KAI untuk menghadirkan layanan LRT Jabodebek yang aman dan selamat. Pelatihan ini diberikan untuk meningkatkan kompetensi SDM LRT Jabodebek sehingga layanan LRT Jabodebek nantinya memiliki standar keselamatan yang tertinggi dan mumpuni,” katanya dalam keterangan tertulis, usai membuka pelatihan di Pusdiklat Ir H Djuanda KAI, Bandung, Kamis (7/7/2022).

Baca Juga :   Tak Hanya Pesan Tiket, Semua Bisa Dilakukan di Aplikasi KAI Access

Didiek memaparkan ada sekitar 92 orang pekerja yang akan mengikuti pelatihan teori di Bandung kemudian dilanjutkan praktik di Malaysia. Para peserta akan mendapatkan materi mengenai fungsi dan cara pengoperasian sarana prasarana GoA3, sistem persinyalan GoA3, rule book dalam pengoperasian GoA3, penanganan saat kondisi darurat, penerapan Standard Operating Procedure, dan lainnya.

Baca Juga :   Jumlah Penumpang KA Meningkat 42 Persen hingga Semester 1 2022

“Pengoperasian LRT Jabodebek ini akan dilakukan dalam waktu dekat. Proyek LRT Jabodebek merupakan kolaborasi antara pemerintah dan BUMN. Kami bersama seluruh stakeholder lainnya akan memastikan proses pembangunan dan pengoperasian LRT Jabodebek berjalan lancar dan tetap mengutamakan keselamatan,” pungkas Didiek. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO