Penuhi Undangan Raja Salman, Ma’ruf Berangkat Haji hingga 13 Juli 2022

Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

JagatBisnis.com –  Wakil Presiden, Ma’ruf Amin dijadwalkan akan menunaikan ibadah haji ke Arab Saudi. Jubir Wapres, Masduki Baidlowi mengatakan Ma’ruf akan bertolak ke Arab Saudi besok, (4/7).

Ma’ruf bersama Wury Ma’ruf Amin akan berada di Tanah Suci hingga 13 Juli 2022.

“Besok rencananya berangkat ke Madinah ya. Lalu, kemudian ziarah ke makam rasul, lalu kemudian haji ifrat ya. Lalu ada beberapa hari di Mekkah dan Madinah. Salu setelah itu pulang tanggal 13 Juli, Insyaallah sudah sampai di Tanah Air. Iya jadi seminggulah perjalanan itu,” kata Masduki pada Senin (4/7).

Baca Juga :   Soal Biaya Haji, Kemenag Akan Kaji Ulang

Masduki mengatakan, keberangkatan Ma’ruf ke untuk menunaikan ibadah haji karena diundang khusus oleh Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud.

“Itu undangan dari Raja Arab Saudi ya,” ujar Masduki.

Undangan ini sudah lama diterima Ma’ruf yaitu sejak Mei 2022. Untuk menghormati undangan Raja Salman, maka Ma’ruf memenuhi undangan tersebut.

Undangan dari Raja Salman disampaikan langsung perwakilan Kedubes Arab Saudi di Indonesia.

“Jadi Kedubes Saudi khusus mendatangi Wakil Presiden waktu itu ya di kediaman. Diterima oleh Wapres dan undangan secara resmi disampaikan pada waktu itu. Lalu, kemudian Wapres merespons terima kasih karena memang Wapres berniat untuk beribadah haji karena setelah pandemi selama dua tahun kan tidak ada ibadah haji ya,” ucap Masduki.

Baca Juga :   Wapres: Booster Akan Dijadikan Syarat Mudik Lebaran

Disamping itu, Masduki memastikan keberangkatan Ma’ruf untuk menunaikan ibadah haji tak akan mengganggu kuota haji yang diberikan kepada pemerintah Indonesia oleh Kerajaan Saudi.

“Perjalanan yang dilakukan Wapres dan rombongan itu non reguler ya. Tidak berpengaruh terhadap jatah haji di sistem yang berjalan. Karena itu maka undangan ini bagi wapres sangat penting karena tidak ada hubungannya dengan jumlah haji yang antri, tidak mengganggu antrian,” ungkap Masduki.

Baca Juga :   Tahun 2021, Ekspor Tanaman Hias Tembus Rp247 Miliar

“Iya sama ibu negara, dan perangkat yang melekat pada wapres,” pungkasnya.
Arab Saudi telah membuka operasional ibadah haji bagi jemaah dari luar negaranya usai dua tahun absen karena pandemi COVID-19.

Adapun operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M telah memasuki hari ke-30. Data Kementerian Agama RI mencatat jemaah asal RI yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 91.106 orang per Minggu (3/7). Sementara total kuota jemaah haji untuk Indonesia yaitu sebanyak 100.051. (pia)

MIXADVERT JASAPRO