KAI Inspeksi Jalur KA Stasiun Mojokerto hingga Surabaya Gubeng

JagatBisnis.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daerah Operasi (Daop 8) Surabaya melakukan inspeksi dari Stasiun Mojokerto hingga Stasiun Surabaya Gubeng menggunakan Lori Inspeksi. Inspeksi dilakukan untuk mengantisipasi cuaca yang ekstrim dan memastikan prasarana pendukung perjalanan kereta api dalam kondisi baik. Pemeriksaan dipimpin langsung oleh EVP Daop 8 Surabaya Heri Siswanto dan diikuti oleh unit operasional hingga unit pelayanan.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, pada inspeksi kali ini terdapat 8 Stasiun yang menjadi objek pemeriksaan pelayanan, fasilitas dan pelaksanaan protokol kesehatan, serta prasarana pendukung perjalanan kereta api (KA). Di antaranya jalur, jembatan, wesel, hingga mencari potensi bahaya di sepanjang jalur kereta dan di Stasiun Mojokerto, Tarik, Kedinding, Krian, Boharan, Sepanjang, Wonokromo, dan Surabaya Gubeng.

“Pemeriksaan sudah dilaksanakan setiap hari oleh unit-unit bersangkutan di setiap wilayah kerjanya. Namun, untuk menjamin keselamatan perjalanan KA, kami kembali melakukan pemeriksaan menggunakan lori. Inspeksi kami lakukan untuk memastikan secara langsung pemeliharaan dan pengendalian resiko keselamatan sudah dilaksanakan dengan baik dan handal terutama dalam menghadapi cuaca ekstrim yang sebentar panas dan tiba-tiba hujan,” kata Luqman, Senin (4/7/22).

Baca Juga :   Kolaborasi KAI dan Ditjen Dukcapil Verifikasi Data Calon Penumpang KA

Dia menjelaskan, beberapa aspek turut dicek mulai dari rel, keamanan kanan kiri jalur dari potensi pohon tumbang, perlintasan KA hingga potensi gangguan dari oknum yang masih beraktivitas di jalur KA. Dari hasil pemeriksaan, keseluruhan jalur mulai Stasiun Mojokerto hingga Stasiun Surabaya Gubeng dinyatakan aman.

Baca Juga :   Sejak Operasi Posko Angkutan Nataru, KAI Berangkatkan 88 ribu Penumpang

“Selain dengan upaya-upaya yang kami lakukan dalam menjaga perjalanan KA, kami berharap masyarakat juga menjadi bagian dalam menjaga perjalanan kereta api. Yakni, dengan senantiasa mengingatkan kepada oknum yang masih beraktivitas di sekitar jalur KA, apalagi pada musim libur sekolah ini dan disiplin saat melintasi perlintasan sebidang,” pungkas Luqman. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO