Ribuan Rumah Warga di Bengkulu Terendam Banjir

JagatBisnis.com –  Sebanyak 4.550 rumah warga di Provinsi Bengkulu terdampak banjir imbas hujan deras. Ribuan rumah terdampak ini tersebar di empat wilayah yaitu sebagian wilayah Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Tengah, dan Kabupaten Bengkulu Selatan.

“Wilayah terparah mengalami banjir yaitu Kabupaten Seluma dan Kota Bengkulu,” kata Kepala Bidang Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, Khristian Hermansyah di Bengkulu, Sabtu (2/7/2022).

Khristian menjelaskan, hujan deras beberapa waktu lalu menyebabkan 2.440 rumah warga di Kabupaten Seluma terendam banjir. Selanjutnya, 2.517 kepala keluarga terdampak. Selain itu, empat fasilitas umum terendam di delapan kecamatan seperti di Kecamatan Sukaraja, Kecamatan Air Periukan. Kecamatan Lubuk Sandi, Kecamatan Seluma Selatan, Kecamatan Talo Kecil, Kecamatan Ilir Talo, Kecamatan Semidang Alas Maras, dan Kecamatan Seluma Utara.

Baca Juga :   Banjir dan Macet Menutup Jakarta dalam Sepekan

Untuk di Kota Bengkulu, sebanyak enam masjid, dua sekolah, dua kantor lurah terendam banjir. Hal ini dijumpai di lima kecamatan yaitu Kecamatan Muara Bangkahulu, Kecamatan Sungai Serut, Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Selebar, dan Kecamatan Kampung Melayu.

Baca Juga :   4 Desa di Bogor Terendam Banjir

“Pemerintah membangun lima posko kesehatan dan dua pos dapur umum di Kota Bengkulu,”
ujarnya.

Khristian menyebut, banjir di sebagian wilayah Kota Bengkulu mulai berangsur-angsur surut. Beberapa jalan yang sebelumnya terendam banjir sudah dapat dilintasi.

Baca Juga :   14 Desa di Aceh Barat Terendam Banjir

Sementara sebanyak 33 rumah warga terendam banjir di Desa Telaga Dalam Kecamatan Pino Raya, Kabupaten Bengkulu Selatan. Di Kabupaten Bengkulu Tengah, 273 rumah terendam banjir yang berada di Kecamatan Talang Empat, Kecamatan Pondok Kubang, Kecamatan Karang Tinggi, dan Kecamatan Pondok Kelapa. (pia)

MIXADVERT JASAPRO