Misi Juara Piala AFF U-19 Dimulai

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-Yong.

JagatBisnis.com –  Timnas Indonesia U-19 bakal memulai misi juara dalam gelaran Piala AFF U-19 2022 melawan Vietnam di laga pertama babak penyisihan Grup A di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (2/7/2022) malam.

Bertanding selaku tuan rumah, target meraih tiga poin perdana tentu jadi opsi realistis skuad asuhan Shin Tae-yong.

Lebih-lebih pertandingan ini terbilang krusial. Sebab, kedua tim diprediksi punya kans besar keluar sebagai jawara di AFF U-19 2022.

Sejauh ini, pelatih Shin optimis Timnas mampu meredam laju Vietnam asuhan Dinh The Nam. Bahkan, Shin percaya diri, Marselino Ferdinand dan kawan-kawan bisa memenuhi ekspekstasi juara.

Baca Juga :   Shin Tae-yong: Saya Optimis, Tahun Depan Indonesia Siap Bersaing dengan Jawara Asia

“Persiapan kami sudah berjalan dengan baik. Kondisi pemain sudah siap tempur menghadapi laga pertama melawan Vietnam dan Piala AFF U-19 2022. Kami ingin meraih juara Piala AFF 2022,” kata Shin Tae-yong mengutip keterangan resmi PSSI, Sabtu (2/7/2022).

Shin mengaku tak mengetahui banyak tentang peta kekuatan lawan yakni Vietnam U-19. Kendati demikian, ia percaya anak asuhnya akan memberikan kinerja maksimal demi torehan tiga poin perdana.

Kepercayaan Diri
Hasil maksimal di AFF U-19 bisa memberi kepercayaan diri lebih bagi skuad Garuda Muda yang diproyeksikan menuju Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Baca Juga :   Shin Tae-yong: Regulasi Piala AFF U19 Aneh

Shin menganggap, turnamen AFF U-19 bisa jadi gambaran bagi dirinya meracik skuad guna tampil di ajang akbar Piala Dunia.

“Saya ingin melihat level timnas U-19 seperti apa karena kami fokusnya bukan turnamen Asean. Tapi kami melihat Piala Dunia U-20 tahun depan. Saya akan melihat persaingannya bagaimana saat melawan tim-tim Asean seperti AFF sekarang dan nanti juga akan melihat untuk tingkat level kita seperti dengan melawan tim Eropa, Afrika, dan Amerika Latin,” tegas Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong memanggil setidaknya 28 pemain guna tampil di Piala AFF U-19. Nama-nama yang dipanggil pelatih Shin mayoritas berasal dari skuad Garuda Muda yang berlaga di Turnamen Toulon 2022 Prancis. Mereka antara lain Ronaldo, Hokky Caraka, Alfriyanto Nico, Edgard Amping, Erlangga Setyo, Cahya Supriadi, Raka Cahyana dan Dimas Pamungkas.

Baca Juga :   Kalah Telak dari Korsel, Coach Tae-yong Tetap Puji Semangat Garuda Muda

Untuk mempersiapkan diri berkompetisi di Piala AFF U-19 2022, timnas U-19 Indonesia sudah menjalani pemusatan latihan atau training center (TC) sejak 20 Juni 2022.

Piala AFF U-19 2022 berlangsung mulai 2-15 Juli. Indonesia berada di grup A bersama Brunei Darussalam, Myanmar, Thailand, Vietnam, dan Filipina. (pia)

MIXADVERT JASAPRO