Tak Ada Pengendalian, Kuota BBM Subsidi Habis 4 Bulan Lagi

JagatBisnis.com –  Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memprediksi kuota bahan bakar minyak (BBM) subsidi bisa habis di bulan Oktober tahun 2022. Hal itu, karena realisasi penyaluran BBM subsidi, seperti pertalite dan solar sudah lebih dari 50 persen.

Anggota Komite BPH Migas, Saleh Abdurrahman menjelaskan, realisasi penyaluran jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) pertalite hingga 20 Juni 2022 sudah mencapai 57,56 persen atau sekitar 13,26 juta kiloliter (kl) dari total kuota tahun ini sebesar 23,05 juta kl. Sementara untuk Jenis BBM Tertentu (JBT) solar, realisasi penyalurannya sudah mencapai 51,24 persen dari total kuota solar tahun ini dalam APBN 2022 sebesar 15,10 juta kl dan rata-rata konsumsi bulanan sudah di atas 10 persen.

“Jika tidak ada pengendalian, kami akan menghadapi subsidi habis antara Oktober dan November. Untuk itu, jika tidak ada pengendalian, prediksinya realisasi penyaluran BBM subsidi akan melebihi kuota di akhir tahun ini. Sehingga perlu ada upaya pengendalian konsumsi hanya kepada pengguna yang berhak menerima. Karena, konsumen yang berhak menerima subsidi sudah diatur secara lengkap di Perpres No 191 Tahun 2014,” imbuhnya. (*/eva)

Baca Juga :   Pertamina Pangkas Kuota Pertalite di Papua
MIXADVERT JASAPRO