Pertamina Uji Coba Pembelian Pertalite Online di 5 Provinsi, Ini Daftarnya

JagatBisnis.com – Mulai 1 Juli 2022, PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina Patra Niaga, akan melakukan uji coba pembelian pertalite dan solar bagi pengguna yang sudah terdaftar pada sistem berbasis aplikasi MyPertamina. Untuk tahap awal uji coba diadakan di 5 provinsi dengan 11 wilayah yang diwajibkan membeli BBM bersubsidi secara online.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution menjelaskan,
kewajiban penggunaan pada aplikasi ini untuk pembelian solar dan pertalite dilakukan secara bertahap. Pembelian online BBM bersubsidi tidak serta-merta diterapkan di seluruh Indonesia. Untuk tahap pertama atau per 1 Juli 2022, penerapan distribusi BBM terbaru ini akan diberlakukan di 11 daerah di 5 provinsi. Baru setelahnya akan mulai diperluas ke daerah lainnya.

“Adapun 11 daerah kabupaten/kota yang diwajibkan menggunakan aplikasi tersebut dalam pembelian BBM solar dan pertalite, di antaranya Kota Bukit Tinggi, Kabupaten Agam, Kabupaten Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar l, Kota Banjarmasin, Kota Bandung, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Manado, Kota Yogyakarta dan Kota Sukabumi,” bebernya, Selasa (28/6/2022).

Baca Juga :   Kuota Pertalite Ditambah Jadi 29 Juta KL

Pertamina mengimbau kepada masyarakat pengguna BBM Pertalite dan Solar sesuai kriteria di 11 daerah tersebut untuk segera melakukan pendaftaran secara online.

Baca Juga :   Kini Pertalite Dianggap Lebih Boros dari Sebelumnya, Ini Kata Pertamina

“Untuk kelancaran pendaftaran, kami mengimbau agar pendaftar adalah konsumen yang berada di wilayah implementasi tahap 1 atau yang sering bepergian ke lokasi tahap 1,” imbuhnya.

Menurut dia, dalam penyaluran BBM bersubsidi, ada aturan baik dari sisi kuota atau jumlah maupun dari segmentasi penggunanya. Namun, yang saat ini masih terjadi, banyak konsumen yang tak berhak mengonsumsi pertalite dan solar. Jika tidak diatur, besar potensi kuota yang telah ditetapkan selama satu tahun tidak akan mencukupi.

Baca Juga :   Selama Ramadan, Stok Pertalite di Babel Aman

“Sistem di aplikasi ini akan membantu mencocokkan data pengguna. Bagi pengguna yang sudah melakukan registrasi, baik kendaraan maupun identitas, akan mendapatkan notifikasi melalui e-mail. Lalu, agar lebih memudahkan penggunaan sistem distribusi ini, pengguna terdaftar akan mendapatkan QR code khusus yang menunjukkan bahwa data telah cocok dan bisa membeli solar atau prtalite,” terangnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO