Jangan Anggap Sepele, Cacar Monyet Bisa Menyebabkan Komplikasi

JagatBisnis.com –  Cacar monyet ternyata bisa menyebabkan komplikasi. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus zoonosis. Namun komplikasi yang terjadi, tergantung pada sistem kekebalan tubuh masing-masing. Adapun komplikasi yang disebabkan cacar monyet, satunya infeksi paru dan infeksi pada tubuh lainnya.

Baca Juga :   Kemenkes Siapkan Vaksin, Cacar Monyet Teridentifikasi di Jakarta

“Hal itu bisa terjadi, bagi mereka yang sedang menjalani kemoterapi atau sistem kekebalan tubuh lemah. Apalagi, jika ada bekas luka pada tempat cacar, cacar mengeluarkan nanah atau kondisi memburuk. Jadi, untuk cacar monyet ini komplikasi masih bisa,” kata Dokter RSPI Sulianti Saroso, dr. Ni Luh Putu Pitawati, seperti dikutip Selasa (28/6/2022).

Dia menegaskan, karena itu pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan diri. Cacar monyet memang self limitting atau bisa sembuh sendiri. Tapi jika tidak didasari dengan kondisi yang sehat bisa terjadi komplikasi. Apalagi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan cacar monyet belum menjadi darurat kesehatan global.
WHO masih melakukan investigasi mendalam soalan cacar monyet ini.

Baca Juga :   Akhir Juni, Uni Eropa akan Beli 110.000 Dosis Vaksin Cacar Monyet

“Saya sangat prihatin dengan wabah cacar monyet, ini jelas merupakan ancaman kesehatan yang berkembang,” tandasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO