PLN UID Jakarta Raya Perbanyak Kabel Bawah Tanah

JagatBisnis.com-PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya memperluas relokasi kabel udara ke kabel bawah Tanah. Hal itu dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan masyarakat. Karena saat ini, jumlah kabel udara miliknya sudah tidak banyak lagi.

GM PLN UID Jaya, Doddy Pangaribuan mengatakan, untuk mengurangi kabel udara, pihaknya senantiasa berpegang kepada Perda yang menyatakan relokasi kabel ditanggung pemilik utilitas. Untuk itu, pihaknya dapat memahami program Pemerintah Daerah (Pemda) yang akan menertibkan kabel udara agar bisa di bawah tanah sepenuhnya.

“Namun ada sejumlah catatan terkait relokasi kabel itu, seperti anggaran yang terbatas. Sehingga harus menjadi skala prioritas yang mendesak terlebih dahulu. Jadi, mana yang bisa ditawar untuk pindah ke bawah tanah dan mana yang tetap di atas tanah,” ungkap Doddy.

Baca Juga :   PLN Tambah Pasokan Listrik Pulau Madura

Dia menjelaskan, terkait dengan rental utilitas melalui BUMD Jakarta Propertindo, tarif rental masih terlalu mahal. Harganya masih di atas harga kabel miliknya. Tak hanya itu, diameter utilitas yang disediakan untuk kabel bawah tanah juga terlalu kecil.

Baca Juga :   Tarif Listrik Tak Naik Hingga Akhir Tahun

“Karena kami memperkirakan volume kabel udara (kabel atas) saat ini tinggal 10 persen lagi. Untuk itu, program merapikan kabel terus kami lakukan,” tegasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO