PLN Siap Penuhi Kebutuhan Ekosistem Kendaraan Listrik Nasional

JagatBisnis.com – Seiring berkembangnya ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri, PLN siap untuk mendukung ketersediaan infrastruktur serta pemenuhan pasokan listrik yang dibutuhkan. Salah satunya, dengan terus menambah ketersediaan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di berbagai wilayah. Hingga Mei 2022, telah dibangun 129 unit SPKLU yang tersebar di 98 titik. Untuk tahun ini rencananya akan ditambah lagi sebanyak 40 unit SPKLU.

“Untuk pasokan listrik misalnya, beban puncak Jakarta itu mencapai 3.300 MW, sementara ketersediaan listriknya sekitar 8.000 MW. Jadi, ada cadangan sangat mencukupi untuk kebutuhan kendaraan listrik,” kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jaya) Doddy B Pangaribuan, Sabtu (25/6/2022).

Dia menjelaskan, untuk mendukung pengembangan infrastruktur penunjang ekosistem kendaraan listrik tersebut, pihaknyajuga mengajak pihak lain untuk terlibat. Bahkan, pihaknya telah menyiapkan skema kemitraan untuk pembangunan SPKLU. Skema kerja sama bisa dilakukan dengan cara provide, privately owned, and operated (PPOO) Model 1.

Baca Juga :   PLN Investasikan Rp227,75 Miliar untuk G20 di Bali

“Nantinya, kami yang menyediakan dan menjual tenaga listrik serta menyediakan platform teknologi informasi dan komunikasi di SPKLU. Sedangkan, investor tinggal menyiapkan lokasi serta SDM untuk mengoperasikan dan memelihara SPKLU. Jadi, nanti seperti SPBU, ada yang kami dikelola dan ada yang dikelola pihak lain. Tapi apa pun, pasokan listriknya tetap dari kami yang terjamin keandalannya,” urainya.

Baca Juga :   PLN Uji Coba Bonggol Jagung Jadi Bahan Bakar PLTU Sumbawa Barat

Dia menambahkan, diharapkan ketersediaan SPKLU akan semakin banyak untuk menjawab kekhawatiran sebagian masyarakat yang ingin masuk ke era kendaraan listrik. Walaupun, sebenarnya kalau untuk Jawa sudah memadai. Karena hal itu dibuktikan dengan ekspedisi mobil listrik dari ujung barat hingga ke timur Trans-Jawa dan SPKLU sudah ada di rest area dan di beberapa kota.

Baca Juga :   PLN Gandeng KPK Bongkar Tata Kelola Managemen Suap

“Edukasi dan sosialisasi tetap diperlukan untuk mengubah mindset masyarakat di era kendaraan listrik. Misalnya, mengenai insentif yang kami berikan berupa diskon harga listrik pada malam hari yang bisa dimanfaatkan para pengguna kendaraan listrik untuk mengisi ulang daya baterai kendaraannya,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO