Ini Dampak dari Penutupan Nike di Rusia

JagatBisnis.com – Produsen perlengkapan olahraga Nike resmi cabut dari Rusia. Keputusan Nike ini sebagai sikap tegas perusahaan terhadap kebijakan invasi yang Rusia lakukan ke Ukraina.

Selain Nike, beberapa perusahaan lain juga sudah mengambil sikap yang sama untuk cabut dari Rusia.

Mengutip dari CNN, Nike menutup sekitar 100 gerai atau toko mereka. Pengumuman ini langsung Nike umumkan di situs resminya di Rusia. Selain toko fisik, Nike juga menutup toko online mereka juga beberapa waralaba di Rusia.

Nike hanya mengoperasikan toko yang beroperasi langsung. Perusahaan menyebut jika bisnisnya di Rusia dan Ukraina menyumbang 1 persen pendapatannya secara keseluruhan.

Sebelumnya juga ada beberapa perusahaan yang memilih cabut dari negeri beruang merah tersebut. Mereka di antaranya, Marriot McDonald’s dan Starbucks

Keputusan beberapa perusahaan itu menyikapi sanksi dari barat kepada Putin, bahkan Barat berusaha untuk mengisolasi Rusia. Selain itu protesnya publik juga membuat brand Barat mulai menjauhi Rusia dan Putin. Sektor hotel menarik perhatian karena termasuk yang paling lambat memberi respon.

Aset produsen mobil asal Prancis Renault di Rusia dinasionalisasi, sementara raksasa burger McDonald’s memilih menjual restorannya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO