Presiden Panama Didiagnosis Mengalami Kelainan Darah Langka

Presiden Panama Laurentino Cortizo Foto: medcom.id

JagatBisnis.com – Presiden Panama Laurentino Cortizo mengaku bahwa dirinya telah didiagnosis dengan kelainan darah langka yang dikenal sebagai sindrom mielodisplastik (myelodysplastic) dan akan mencari pendapat medis kedua.

Sindrom mielodisplastik dianggap sejenis kanker yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk membuat sel darah yang sehat di sumsum tulang, menurut American Cancer Society.

Cortizo mengatakan dalam sebuah pernyataan, Senin (20/6/2022), bahwa prognosisnya ‘berisiko sedang’ dan dia ‘dalam semangat yang baik’.

Dia pun akan melanjutkan tugas sehari-harinya sebagai presiden.

Cortizo mengatakan dia menerima diagnosis itu pada 16 Juni setelah pemeriksaan darah rutin pada Mei menunjukkan penurunan hemoglobin dan jumlah sel darah putih. Setelah itu, dokter merekomendasikan biopsi sumsum tulang.

Dia akan menerima opini kedua dari dokter spesialis di Houston, Texas, setelah menyampaikan pidato kenegaraan tahunan di Majelis Nasional Panama pada 1 Juli, katanya.

Terlepas dari diagnosisnya, pria berusia 69 tahun itu mengatakan bahwa dokternya menilai dia dalam ‘kondisi umum yang sangat baik’.

Perawatan untuk sindrom mielodisplastik dapat berupa transfusi darah hingga kemoterapi atau transplantasi sel induk, menurut National Health Service di Inggris.

Presiden Cortizo juga tidak menjelaskan apakah dia akan menjalani perawatan. (pia)

MIXADVERT JASAPRO