Pekan Depan, Jokowi Akan Kunjungi Ukraina dan Rusia

Presiden Joko Widodo

JagatBisnis.com – Presiden Jokowi akan menemui Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Pertemuan itu merupakan bagian dari lawatan Jokowi ke Eropa pekan depan.

“Presiden Jokowi direncanakan akan mengunjungi Kiev Ukraina dan Moskow Rusia. Kunjungan kedua negara ini merupakan kunjungan yang dilakukan dalam situasi yang tidak normal. Kita paham situasi saat ini masih sangat sangat complicated.,” kata Menlu Retno Marsudi dalam konferensi pers virtual Kemlu, Kamis (22/6).

“Dalam kunjungan ke Kiev dan Moskow, tentunya Bapak Presiden akan melakukan pertemuan dengan Presiden Zelensky dan Presiden Putin,” sambung dia.

Baca Juga :   Sidang Tahunan MPR/DPR, Jokowi: Fundamental Ekonomi Indonesia Masih Kuat Hadapi Krisis Global

Retno menambahkan Jokowi akan menjadi pemimpin Asia pertama yang bertemu Zelensky dan Putin. Meski demikian, Retno belum mengungkap tanggal pasti kapan Jokowi akan tiba di Kiev dan Moskow.

Baca Juga :   Ukraina Kerap Berikan Laporan Berbeda soal Rusia

“Presiden Jokowi merupakan pemimpin Asia pertama yang akan melakukan kunjungan ke dua negara tersebut,” tutur Retno.

Baca Juga :   1.000 Tentara Inggris Disiapkan untuk NATO

“Kunjungan Presiden ini menunjukkan kepedulian terhadap isu kemanusiaan, mencoba memberikan kontribusi untuk menangani krisis pangan yang diakibatkan karena perang dan dampaknya dirasakan oleh semua negara terutama negara berkembang dan negara dengan penghasilan rendah. Dan terus mendorong spirit perdamaian,” pungkas dia. (pia)

MIXADVERT JASAPRO