Diterjang Puting Beliung, 2 Rumah Warga dan 1 Lumbung Padi di Tana Toraja Rusak

Angin Puting Beliung hantam pemukiman warga di Tana Toraja

JagatBisnis.com –   Angin puting beliung melanda permukiman warga di Tana Toraja, Sulawesi Selatan pada Sabtu (18/6). Dua rumah dan lumbung padi porak poranda akibat tertimpa pohon tumbang saat angin kencang terjadi.

Satu rumah yang tertimpa pohon milik Daniel Parende, sedangkan satu rumah lainnya beserta lumbung padi milik Mama Ramli, rusak parah.

Kepala BPBD Tana Toraja, Kristian Sakkung, mengatakan pohon tumbang yang menimpa rumah warga akibat angin puting beliung.

Baca Juga :   Diterjang Puting Beliung, 12 Rumah di Cirebon Luluh Lantak

Ia menjelaskan, hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Batualu. Korban kemudian mendengar bunyi keras. Saat dicek, ternyata pohon tumbang.

“Tiba-tiba pohon dekat rumah dan alang tumbang, tadi memang hujan deras, dan angin yang kencang,” kata Kristian.

Baca Juga :   Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah dan Fasilitas Pemda Musi Rawas Rusak Parah

Akibat tertimpa pohon, dua rumah mengalami kerusakan cukup berat. Sedangkan alang (lumbung padi) roboh karena tiang penyanggahnya patah.

Beruntung dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

BPBD Tana Toraja telah turun melakukan pendataan. Selanjutnya akan berkoordinasi dengan dinas terkait guna menyerahkan bantuan darurat bagi para korban.

Baca Juga :   Diterjang Puting Beliung, 53 Rumah Warga di Deli Serdang Rusak Parah

Untuk diketahui, cuaca ekstrem melanda sejumlah wilayah di Tana Toraja dalam dua pekan terakhir. Dominan dampak yang ditimbulkan seperti pohon tumbang, banjir dan tanah longsor.

“Kami mengimbau agar masyarakat tetap waspada, Khususnya yang tinggal di perbukitan karena rawan terjadi bencana longsor,” tutup Kristian. (pia)

MIXADVERT JASAPRO