BERKURBAN DI DOMPET DHUAFA AMAN DARI PMK

Dompet Dhuafa memberikan keterangan pers di Jakarta 16/06/22, saat Jamin Kenyamanan dan Keamanan bebas PMK pada program Tebar Hewan Kurban 1443 H.

JagatBisnis.com – Di tengah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) tentu saja mengakibatkan sejumlah peternak cemas akan dampak dari pendapatan yang seharus bisa melonjak akan kebutuhan kurban tahun ini. Apalagi para peternak kecil yang mengandalkan kurban maupun pasar hewan sebagai penggerak ekonomi. Selain itu pembatasan arus ternak dari dan ke daerah juga berdampak langsung terhadap penjualan hewan kurban. Dompet Dhuafa dengan program Tebar Hewan Kurban #JadiManfaat siap membantu masyarakat untuk bekurban dan membantu roda ekonomi para peternak di sejumlah daerah. Sehingga ekonomi para peternak tetap berputar meski wabah PMK terus membayangi para peternak tersebut.

Baca Juga :   Dompet Dhuafa dan Tokopedia Kolaborasi Salurkan Bantuan Logistik untuk Korban Gempa Sulawesi Barat

Dompet Dhuafa melalui program Tebar Hewan Kurban membangun Sentra Ternak. Dengan adanya Sentra Ternak Dompet Dhuafa yang tersebar di 12 Provinsi merupakan pemasok utama, hampir 55% dari hewan kurban Dompet Dhuafa 2022. Sentra Ternak atau yang lebih dikenal DD Farm merupakan peternakan terpadu yang terkelola baik dengan melibatkan komunitas peternak lokal. Saat ini DD Farm berada di Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur hingga Sulawesi Selatan. Diharapkan dengan adanya sentra ternak tersebut dapat mencapai target mendristribusikan 40.000 hewan kurban ke wilayah 3T (terpencil, tertinggal dan terluar) di Indonesia serta beberapa wilayah di luar negeri, sehingga kurban #JadiManfaat .

“Serta terkait PMK (Penyakit Mulut dan Kuku), Dompet Dhuafa turut melakukan mitigasi dengan detail. Kami melibatkan banyak mitra dari Dinas Kesehatan Hewan serta dokter-dokter hewan, untuk ikut terlibat dalam melakukan pemeriksaan hewan kurban di kandang-kandang kami, agar menjadi jaminan bagi para pekurban donatur Dompet Dhuafa,” tutup Dian Mulyadi dari Dompet Dhuafa (jbo)

MIXADVERT JASAPRO