Grow to Greatness – Konsep unik Graduation kelas 6 Sekolah Dasar Regina Caeli

JagatBisnis.com –  Sekolah National Plus yang beralamat di Metland Transyogi, Jl. Trans Yogie km.1, Kec Cileungsi, Kabupaten Bogor yaitu SD Regina Caeli mengadakan graduation kelas 6, dengan mengusung tema ‘Grow to Greatness’. “Tema tersebut dipilih dengan harapan bisa menginspirasi para peserta didik untuk tumbuh mencapai tujuan mereka dengan cara, belajar, bekerja keras, pushing their limits and impactful to others and leading future” ujar Ms. Yerine Alwir selaku Kepala Sekolah Dasar Regina Caeli.

Sementara konsep yang diusung dari Sekolah dan Panitia Graduation ini mengambil konsep Sustainable Development Goals (SDGs) yang artinya bisa menghormati nilai-nilai kehidupan dalam mencapai tujuan mereka. Peran anak muda, terutama anak-anak Sekolah Regina Caeli sangat dibutuhkan oleh pemerintah dalam proses pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

“Selain merancangkan apa yang menjadi cita-cita anak sekolah Regina Caeli, Graduation kali ini pun mendukung Program SDGs yang membutuhkan peran dari generasi anak-anak muda. Mereka inilah yang nantinya akan menjadi motor penggerak dari program pembangunan berkelanjutan itu,” lanjut Ms Yerine Alwir.

Program SDGs setidaknya memiliki 17 tujuan. Di antaranya tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, air bersih dan sanitasi layak, energi tercukupi, serta pekerjaan layak bagi masyarakat. Selain itu, ada pula konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, penanganan perubahan iklim, ekosistem lanjutan, ekosistem daratan, perdamaian dan kemitraan untuk mencapai tujuan.

“Semua harus terlibat dalam mendukung kegiatan ini. Mengapa kami juga fokus kepada anak sekolah? Karena peran generasi muda sangat penting mengingat jumlahnya cukup besar di negeri ini, yakni mencapai 40 persen dari total penduduk,” Ujarnya. Generasi muda sangat penting bagi pembangunan, karena anak muda jaringannya luas, kreatif, inovatif. Selain itu, di masa depan generasi muda merupakan aset sekaligus risiko.

“Masa depan dunia bergantung pada kita. Jika positif kita menjadi aset, sedang kalau negatif akan menjadi risiko. Oleh karenanya ayo jadilah generasi muda yang bermanfaat,” ajaknya.
SDGs adalah agenda yang dekat dengan masyarakat. Generasi muda pun dapat melakukan tindakan yang mendukung SDGs, mulai dari cara yang sederhana. Misalnya, mematikan lampu saat hendak tidur, menghindari penggunaan plastik, tidak membuang-buang makanan, menanam pohon dan sebagainya. “Jadi kalau ditanya kontribusi kita pada SDGs itu apa, jangan berpikir terlalu susah, untuk mendukung SDGs bisa dilakukan dalam kehidupan kita sehari-hari,” tandasnya.

Adapun acara yang dilakukan pun sangat berkaitan erat dengan konsep, yakni dengan pengunaan less plastic mulai dari penggunaan atribut-atribut recycle paper, kemasan makanan
menggunakan bahan yang ramah lingkungan (kraft paper) dan minum dengan menggunakan tumbler. Sekolah dan Panitia berharap dengan kelulusan anak-anak sekolah Regina Caeli tahun 2021/2022 ini anak-anak menjadi agen inovasi yang memberikan kontribusi penting dan signifikan untuk menerapkan konsep-konsep pembangunan berkelanjutan yang aplikatif dari sekarang dan bisa menjadi inspirasi untuk adik-adik mereka, ujar Ms Yerine Alwir sebagai penutup. Dikesempatan yang sama Ms Lita selaku panita sekaligus orang tua murid sangat senang dan bangga karena acara berjalan lancar dan sukses serta anak saya selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat dapat pula pelajaran sopan santun dan etika berkepribadian baik pula, sehingga anak – anak lulusn SD Regina Caeli sudah mempunyai bekal budi pekerti yang luhur.

MIXADVERT JASAPRO