Tiga Jembatan Gantung di Jatim Selesai Dibangun

JagatBisnis.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan 3 unit jembatan gantung di wilayah Jawa Timur. Diharapkan kehadiran ketiga jembatan gantung tersebut dapat meningkatkan konektivitas masyarakat yang berdada di wilayah tersebut.Adapun 3 jembatan gantung yang dibangun adalah Jembatan Gantung Brungkah di Desa Karangrejo Kabupaten Pacitan, Jembatan Gantung Kowel Kabupaten Pamekasan, dan Jembatan Gantung Macanbang Kabupaten Tulungagung.

“Adang ketiga jembatan gantung tersebut diharapkan dapat mempermudah dan memperpendek akses warga masyarakat perdesaan menuju sekolah, pasar, tempat kerja hingga mengurus administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan dan akses silaturahmi antar warga,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kamis (16/6/2022).

Dia menjelaskan, pembangunan ketiga jembatan tersebut dilaksanakan oleh Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali sejak Agustus 2021 dan rampung pada Maret 2022. Ketiga jembatan itu menghabiskan anggaran tahun jamak sebesar Rp9,9 miliar dalam satu paket kontrak pekerjaan.

Baca Juga :   Kementerian PUPR Minta REI Tetap Semangat Bangun Rumah

“Jembatan gantung pertama yang diselesaikan adalah Jembatan Gantung Brungkah di Desa Karangrejo Kabupaten Pacitan dengan panjang 84 meter (m). Manfaat jembatan gantung ini akan langsung dirasakan masyarakat setempat sebagai akses penghubung antar desa,” ujarnya.

Baca Juga :   Kementerian PUPR Mulai Pembangunan Rusun Universitas Muhammadiyah Jambi

Jembatan gantung kedua, lanjutnya, yang juga telah selesai adalah Jembatan Kowel di Kabupaten Pamekasan dengan panjang 60 m. Jembatan gantung ini akan menghubungkan Kelurahan Kowel menuju Kelurahan Gladak Anyar. Jembatan gantung ini sekaligus sebagai pengganti Jembatan Kowel yang rusak akibat diterjang banjir pada Januari 2021 lalu.

Baca Juga :   Menteri PUPR: Beli Rumah Bisa Antar Jemput Naik Kereta Api

“Terakhir, terdapat Jembatan Gantung Macanbang di Kabupaten Tulungagung dengan panjang 42 m yang juga telah rampung pembangunannya. Pembangunan jembatan gantung ini untuk mempermudah akses jalan warga terutama yang bekerja sebagai petani untuk menuju ke area persawahan. Jembatan ini juga mempermudah akses jalan dari Desa Macanbang ke Desa Gondosuli,” beber dia. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO